Liga Indonesia

Liga 3: Jadi Pendatang Baru, ASIOP FC Tak Segan Bidik Tiket Promosi Liga 2

Rabu, 2 Februari 2022 08:15 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Indra Citra Sena/INDOSPORT
Pelepasan tim ASIOP FC yang akan berlaga di putaran nasional Liga 3 2021, Selasa (1/2/22). Copyright: © Indra Citra Sena/INDOSPORT
Pelepasan tim ASIOP FC yang akan berlaga di putaran nasional Liga 3 2021, Selasa (1/2/22).

INDOSPORT.COM - ASIOP FC merupakan debutan di Liga 3 2021. Klub yang awalnya dikenal sebagai salah satu akademi sepak bola terbaik di DKI Jakarta ini memang baru pertama kali menancapkan eksistensinya di level semi-profesional sejak menjadi anggota Askot PSSI Jaksel pada 2020. 

Meski berstatus pendatang baru, ASIOP justru langsung tancap gas. Mereka kini menjejak putaran nasional Liga 3 2021 setelah sukses menduduki posisi runner-up zona DKI Jakarta, hanya kalah dari Batavia FC yang belakangan menaiki podium juara. 

Di putaran final nanti, ASIOP FC tergabung di Grup C bersama tuan rumah Persikab Kab. Bandung (Jawa Barat), 757 Kepri Jaya (Kep. Riau), dan Karo United (Sumatra Utara). 

Hampir seluruh laga berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, kecuali satu pertandingan pamungkas Grup C karena digelar bersamaan. Venue alternatifnya adalah Stadion Purwakarta. 

Ada pun jadwal lengkap ASIOP FC di Grup C yaitu melawan 757 Kepri Jaya, Minggu (6/2/22), vs Persikab Kab. Bandung, Rabu (9/2/22), dan vs Karo United, Sabtu (12/2/22).   

Keberadaan lawan yang tergolong berat rupanya tidak menyurutkan semangat bertanding ASIOP FC. Mereka justru meyakini bisa melangkah jauh, bahkan menggenggam satu dari total delapan tiket promosi ke Liga 2 musim depan. 

"Inilah kali pertama kami ikut Liga 3. Alhamdulillah zona DKI kemarin menjadi runner-up dan melangkah ke putaran nasional," kata Presiden ASIOP FC, Ade Prima Syarief, saat ditemui INDOSPORT dalam acara pelepasan tim di Hotel Harris Sentul, Selasa (1/2/22). 

"Semoga saja klub yang baru dibentuk ini bisa membawa pulang hasil terbaik, dengan materi pemain 50 persen jebolan akademi. Mudah-mudahan," cetusnya. 

Ade melanjutkan, keyakinannya terhadap skuat ASIOP FC bukannya tanpa alasan. Dia menilai para pemainnya sangat potensial dan memiliki kualitas untuk berprestasi tinggi di putaran nasional Liga 3 2021. 

"Tentu target kami adalah promosi ke Liga 2. Jadi, kami terus memberikan motivasi kepada anak-anak untuk langsung menembus kasta kedua. Mumpung musim ini ada delapan tiket. Peluang kami besar. Secara teknis kami pasti bisa," jelas Ade Prima Syarief.