In-depth

3 Catatan Menarik Final Piala Afrika 2022 Senegal vs Mesir: Mane vs Salah

Jumat, 4 Februari 2022 11:28 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Piala Afrika. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Piala Afrika.

INDOSPORT.COM -  Dua negara sudah memastikan diri lolos ke partai final Piala Afrika 2022 yaitu Senegal dan Mesir. Berikut beberapa fakta menariknya.

Turnamen antar negara terbesar di Benua Afrika, Piala Afrika 2022, telah memasuki partai puncak. Dua negara memastikan diri lolos ke final yaitu Senegal dan Mesir.

Senegal melaju setelah mengalahkan Burkina Faso dengan skor 3-1 dalam partai semifinal Piala Afrika 202 di  Ahmadou Ahidjo Stadium, Yaounde, Kamerun, Kamis (03/02/22) dinihari WIB.

Sadio Mane dan kolega mencoba tampil agresif di awal-awal babak pertama. Namun justru Burkina Faso yang malah tampil mengancam lebih dahulu lewat peluang Bertrand Traore.

Pada menit ke-32 sebuah insiden terjadi di dalam kotak penalti Burkina Faso. Duel udara antara Cheikou Kouyate dengan kiper Burkina Faso, Herve Koffi dinilai terjadi pelanggaran.

Wasit langsung bergegas untuk menghentikan pertandingan dan meninjau VAR. Setelah dilihat, wasit menganggap tidak ada pelanggaran untuk dihukum penalti, pertandingan pun dilanjutkan kembali.

Hingga menit akhir babak pertama, kedua tim tampil disiplin dan hati-hati yang berimbas sulitnya mencetak gol. Skor 0-0 tak berubah.

Baru di babak kedua kebuntuan akhirnya pecah. Senegal unggul lebih dahulu melalui gol Abdou Diallo menit ke-70. Enam menit berselang, Senegal menggandakan keunggulan lewat gol Bamba Dieng menit ke-76. 

Burkina Faso mencoba memperkecil skor, melalui aksi Blati Toure menit ke-82. Sepakannya tak mampu dihadang kiper Senegal, skor berubah 2-1.

Namun memasuki menit akhir, Senegal malah memperlebar jarak usai Sadio Mane mencetak gol menit ke-87. Skor 3-1 bertahan hingga laga tuntas.

Sementara itu Mesir lolos ke final setelah menghentikan perlawanan negara tuan rumah Kameru di babak semifinal Piala Afrika 2022.

Bermain di Paul Biya Stadium, Olembe, Kamerun, Jumat (04/02/22) dinihari WIB, kedua tim tampil sangat solid dan disiplin.

Sehingga tak ada gol yang tercipta di babak pertama dan babak kedua. Pertandingan terpaksa harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu atau extra time.

Sengitnya tensi pertandingan, membuat keduanya masih tampil sangat hati-hati dan lebih mengandalkan serangan balik. Hingga dua kali waktu perpanjangan selesai, skor masih 0-0.

Untuk menentukan pemenang, pertandingan harus dituntaskan lewat adu penalti. Mesir keluar sebagai pemenang, setelah mampu menceploskan tiga gol, sedangkan Kamerun hanya mampu mencetak satu gol dari empat penendang.

Senegal dan Mesir akan berhadapan di final Piala Afrika 2022 pada Senin (07/02/22) dinihari WIB. Berikut beberapa fakta jelang laga puncak.