In-depth

Catatan Kelam di Balik Belanja Besar-besaran Newcastle di Bursa Transfer Januari

Jumat, 4 Februari 2022 17:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Newcastle datangkan 5 pemain baru di bursa transfer Januari, termasuk Bruno Guimaraes. Namun, langkah ini menghasilkan momen kelam bagi para pemain lawas. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Newcastle datangkan 5 pemain baru di bursa transfer Januari, termasuk Bruno Guimaraes. Namun, langkah ini menghasilkan momen kelam bagi para pemain lawas.

INDOSPORT.COMNewcastle datangkan 5 pemain baru di bursa transfer Januari, termasuk Bruno Guimaraes. Namun, langkah ini menghasilkan momen kelam bagi para pemain lawas.

Terpuruk di zona degradasi meski berstatus tim kaya, Newcastle United menggila di bursa transfer Januari. Tercatat, mereka berhasil mendatangkan 5 pemain anyar sekaligus, yang menjadikan mereka tim Liga Inggris teraktif bersama Everton.

Di sisi lain, dalam hal jumlah pengeluaran, The Magpies menjadi yang terboros dengan membelanjakan sekitar 86 juta pounds (Rp1,6 triliun).

Bek kanan Kieran Trippier menjadi nama pertama yang datang. Bintang Timnas Inggris itu diboyong dari raksasa Spanyol, Atletico Madrid.

Beberapa waktu kemudian, Newcastle membajak penyerang andalan rival papan bawah, Burnley, yakni Chris Wood.

Pergerakan The Magpies sempat mereda di pertengahan bulan, dengan sejumlah nama yang disebut jadi incaran mereka justru menyatakan penolakan seperti Anthony Martial dan Aaron Ramsey.

Namun, jelang penutupan bursa, Newcastle United membuat kejutan dengan sukses memboyong gelandang timnas Brasil, Bruno Guimaraes, dari Lyon.

Padahal, sebelumnya gelandang 24 tahun itu lebih kerap dikaitkan dengan tim papan atas Liga Inggris, Arsenal.

Kemudian, pada hari terakhir bursa, Newcastle kembali mendatangkan 2 pemain anyar lagi yakni Matt Targett dan Dan Burn yang sama-sama diboyong dari sesama klub Inggris. Burn dibeli dari Brighton, sedangkan Targett dipinjam dari Aston Villa.

Di sisi lain, kehadiran 5 pemain anyar ini membuat skuat Newcastle menjadi penuh. Pasalnya, mereka hanya berhasil melepas 1 pemain senior yakni Jeff Hendrick. Padahal, otoritas Liga Inggris hanya mengizinkan setiap klub mendaftarkan 25 pemain.

Dengan situasi ini, Newcastle pun harus mencoret sejumlah pemain senior yang mereka miliki dari daftar pemain di Liga Inggris.

Langkah ini pun membuat para pemain yang tercoret mengalami nasib kelam. Pasalnya, mereka terpaksa menganggur di sisa musim ini. Situasi ini mirip seperti yang dialami Mesut Ozil di Arsenal pada paruh pertama musim lalu.

Siapa saja pemain Newcastle yang jadi korban kedatangan para pemain baru dan terusir dari daftar pemain The Magpies di paruh kedua Liga Inggris musim ini?