Bola Internasional

Edouard Mendy, Mantan Pengangguran yang Kini Jadi Kiper Terbaik Dunia dan Bergelimang Gelar

Senin, 7 Februari 2022 13:50 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Sempat menjadi pengangguran, Edouard Mendy kini bergelimang gelar bersama Chelsea dan timnas Senegal, termasuk baru saja menjadi juara Piala Afrika. FOTO: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany Copyright: © REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Sempat menjadi pengangguran, Edouard Mendy kini bergelimang gelar bersama Chelsea dan timnas Senegal, termasuk baru saja menjadi juara Piala Afrika. FOTO: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

INDOSPORT.COM – Sempat menjadi pengangguran, Edouard Mendy kini bergelimang gelar bersama Chelsea dan timnas Senegal, termasuk baru saja menjadi juara Piala Afrika.

Sejarah baru diciptakan Senegal di Piala Afrika 2021. Mereka berhasil merebut gelar juara untuk pertama kalinya, usai mengalahkan Mesir di partai puncak yang digelar Senin (06/02/22) dini hari WIB.

Sukses menjuarai Grup B, Senegal ke partai puncak usai berturut-turut mengalahkan Tanjung Verde, Guinea Khatulistiwa, dan Burkina Faso di babak 16 besar hingga semifinal.

Meski demikian, Sadio Mane dkk kesulitan saat menghadapi Mesir di final. Kedua tim bermain imbang 0-0 sepanjang waktu normal dan perpanjangan waktu, sehingga laga berlanjut ke adu penalti.

Meski sebelum laga sorotan lebih banyak ditujukan kepada Sadio Mane dan Mohamed Salah, dua bintang andalan Senegal dan Mesir yang merupakan rekan setim di Liverpool, nyatanya justru sosok lain yang menjadi pahlawan di laga final, yakni Edouard Mendy.

Ya, kiper Senegal yang bermain di Chelsea itu berhasil tampil gemilang di babak adu penalti. Ia sukses menepis eksekusi Mohanad Lasheen untuk membawa Singa Teranga menang 4-2 dan keluar sebagai juara Piala Afrika 2021.

Penampilan gemilangnya pun membawa Mendy meraih gelar sebagai kiper terbaik di Piala Afrika 2021 ini.

Mendy memang tampil gemilang sepanjang kompetisi tersebut. Di fase grup, ia tak pernah kebobolan alias meraih 3 cleansheet dari 3 laga.

Sementara itu dari 16 besar hingga final, kiper 29 tahun ini hanya kebobolan 2 kali yakni 1 gol saat menghadapi Guinea Khatulistiwa di perempat final dan 1 gol saat menghadapi Burkina Faso di semifinal.

Gelar pribadi sebagai kiper terbaik dan raihan trofi Piala Afrika itu pun menambah koleksi gelar dan trofi yang dimenangi Mendy dalam beberapa tahun terakhir.