Bola Internasional

Bawa Senegal Juara Piala Afrika, Edouard Mendy Cetak Rekor Mencengangkan

Senin, 7 Februari 2022 08:30 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Vincent Aboubakar (kiri), Sadio Mane (tengah), dan Edouard Mendy (kanan) meraih penghargaan individual di Piala Afrika 2021. (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany) Copyright: © REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Vincent Aboubakar (kiri), Sadio Mane (tengah), dan Edouard Mendy (kanan) meraih penghargaan individual di Piala Afrika 2021. (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

INDOSPORT.COM – Kiper Chelsea, Edouard Mendy mencetak rekor mencengangkan usai membawa Senegal keluar sebagai juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Timnas Mesir.

Senegal berhasil meraih gelar Piala Afrika perdananya usai mengalahkan Mesir di partai final melalui drama adu penalti.

Pada babak penentuan tersebut, empat dari lima penendang tim berjuluk Lions of Teranga ini sukses menjaringkan bola ke gawang Mesir.

Di sisi lain, dua dari empat penendang Mesir, gagal mengeksekusi tendangan penentuan tersebut. Salah satunya karena kemampuan hebat yang dimiliki Mendy selalu kiper Timnas Senegal dan Chelsea.

Berkat kejeliannya membaca arah bola, Edouard Mendy pun sukses membawa Senegal merengkuh gelar Piala Afrika pertamanya sepanjang sejarah.

Dalam keberhasilannya membawa Senegal menjadi juara ini, kiper berusia 29 tahun tersebut menciptakan rekor di luar nalar.

Dilansir dari Sporting Index, Mendy menjadi kiper pertama dan satu-satunya yang mampu menciptakan Clean Sheets atau nirbobol di final Piala Afrika dan final Liga Champions.

Di Liga Champions musim lalu, Mendy mampu membuat Chelsea tak kebobolan di partai puncak dan menjadi tim yang paling sedikit kebobolan sepanjang sejarah ajang tersebut.

Sedangkan di final Piala Afrika 2021, Edouard Mendy mampu menghadang serangan Mesir dengan melakukan empat penyelamatan dan membuat satu penyelamatan di adu penalti untuk Senegal.