Bola Internasional

Profil Atromitos FC, Calon Klub Baru Rafli Asrul si 'Jorginho Indonesia'

Rabu, 9 Februari 2022 18:20 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Rafli Asrul disebut tengah bersiap untuk melakukan trial bersama Astromitos FC di Yunani yang merupakan klub dengan perkembangan pesat belakangan ini. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Rafli Asrul disebut tengah bersiap untuk melakukan trial bersama Astromitos FC di Yunani yang merupakan klub dengan perkembangan pesat belakangan ini.

INDOSPORT.COM - Tren bermain di luar negeri sepertinya masih belum padam dan masih menarik minat para pemain-pemain sepak bola Indonesia. Terbaru ada Rafli Asrul yang kabarnya menarik minat kesebelasan kasta teratas Yunani yakni Atromitos FC.

Rafli yang saat ini berstatus sebagai pemain akademi PSM Makassar dilaporkan menerima ajakan Astromitos untuk melakukan trial. Andai dapat menunjukkan performa apik, bukan tidak mungkin alumni program Garuda Select jilid kedua dan ketiga itu akan diberi kontrak permanen.

Bersama Garuda Select, Rafli yang berposisi sebagai gelandang jadi andalan pelatih Des Walker karena punya kapabilitas oke dalam mencetak maupun mengkreasikan gol. Remaja 18 tahun itu bahkan dijuluki Jorginho dari Indonesia oleh sang bos.

Maka dari itu ada kans besar Rafli akan membuat scout dari Astromitos terpana nantinya. Tapi seperti apa sebenarnya Astromitos itu? Berikut ulasan singkatnya.

Didirikan pada 1923 atau 98 tahun silam, Astromitos berasal dari ibukota Yunani yakni Athena. Dalam bahasa Indonesia, nama mereka berarti 'Pemberani' yang mana juga menjadi julukan mereka dalam bahasa Inggris, The Fearless.

Astromitos memang tidak setenar tim-tim besar tradisional Yunani lain macam Olympiacos, Panathinaikos, atau bahkan AEK Athens maupun PAOK. Hanya saja mereka adalah salah satu kesebelasan paling berkembang di negeri dewa dalam satu dekade terakhir.

Sejak 2011/2012, Astromitos hanya empat kali finis di luar empat besar klasemen akhir Liga Super Yunani. Capaian terbaik mereka di kasta teratas adalah menempati urutan ketiga pada 2012/2013.

Tidak heran jika dewasa ini Persiteri Stadium yang jadi markas mereka semakin sering menggelar laga kompetisi antar-klub Eropa. Astromitos dalam periode yang sama sudah enam kali mengikuti ajang Liga Europa.

Di 2010/2011 dan 2011/2012 tim dengan warna kebesaran biru ini bahkan sanggup back-to-back masuk final Pialoa Yunani. Hanya saja Astromitos harus mengakui keunggulan AEK dan Olympiacos dan akhirnya dipaksa puas dengan predikat runner-up.