Bola Internasional

Malaysia Resmi Ajukan Permintaan Tuan Rumah Piala Asia, Timnas Indonesia Dirugikan?

Kamis, 10 Februari 2022 07:30 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Malaysia yang berpeluang bertemu dengan timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023 berniat mengajukan diri pada AFC sebagai tuan rumah. Copyright: © PSSI
Malaysia yang berpeluang bertemu dengan timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023 berniat mengajukan diri pada AFC sebagai tuan rumah.

INDOSPORT.COM - Jelang dimulainya kembali kualifikasi Piala Asia 2023, Malaysia tidak hanya memikirkan kesiapan para pemain. federasi sepak bola mereka, FAM, bahkan juga berencana untuk menjadi tuan rumah laga-laga kualifikasi pemungkas nanti.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh presiden FAM yakni Datuk Haji Hamidin bin Haji Mohd Amin. Yang bersangkutan percaya jika fasilitas yang dimiliki Malaysia akan dianggap memenuhi syarat oleh AFC, asosiasi sepak bola Asia.

Masih ramainya kasus positif Covid-19 yang membuat banyak negara membatasi kedatangan warga asing tidak membuat niatan Malaysia kendur. Mereka percaya dengan protokol yang tepat maka kejadian yang tidak diinginkan bisa diminimalisir.

"AFC nanti yang memutuskan apakah pengajuan Malaysia diterima atau tidak. Hampir semua peserta kualifikasi juga punya keinginan menjadi tuan rumah," ungkap Hamidin seperti yang dirangkum dari Vocket FC.

"Malaysia memenuhi kriteria yang ditetapkan. Hanya saja masih banyak pesaing. Benar jika Covid-19 masih menjangkit namun kini vaksin sudah luas beredar. Saat ini FAM sudah mengirimkan lamaran resmi menjadi tuan rumah," tambahnya lagi.

Jika sukses dalam pengajuannya, maka Malaysia akan mendapat banyak keuntungan. Skuat Harimau Malaya tidak perlu berpergian terlalu jauh karena laga dimainkan di stadion-stadion mereka sendiri.

Sementara itu calon-calon lawan mereka nantinya berpeluang kelelahan karena perjalanan. Belum lagi jika harus menghadapi tekanan dari suporter tuan rumah apabila memang diizinkan adanya penonton masuk ke tribun.