Bola Internasional

Asal Mula Batalnya Timnas Indonesia ke Piala AFF U-23: Terdesak Situasi

Jumat, 11 Februari 2022 18:52 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Kemenpora
PSSI telah mengambil keputusan bahwa Timnas Indonesia tidak akan ambil bagian di Piala AFF U-23 2022. Foto: Kemenpora. Copyright: © Kemenpora
PSSI telah mengambil keputusan bahwa Timnas Indonesia tidak akan ambil bagian di Piala AFF U-23 2022. Foto: Kemenpora.

INDOSPORT.COM - PSSI telah mengambil keputusan bahwa Timnas Indonesia tidak akan ambil bagian di Piala AFF U-23 2022.

Seperti diketahui, perhelatan turnamen sepak bola kelompok usia ini akan dimulai pada 14 Februari mendatang dengan agenda penyisihan grup. Timnas Indonesia U-23 berada di Grup B bersama Laos, Malaysia, dan Myanmar.

Sejumlah persiapan seperti TC dan bahkan vaksin booster pun telah dilakukan sebelum berangkat ke Kamboja. Akan tetapi, sebuah kabar mengejutkan justru disampaikan PSSI pada Jumat (11/02/22) pagi.

Lewat keterangan resminya, PSSI mengatakan Timnas Indonesia batal ikut Piala AFF U-23 2022 karena kondisi tim yang sedang tidak kondusif.

Sejumlah pemain diketahui terserang Covid-19, ada yang sedang menunggu masa inkubasi, dan ada pula yang tengah cedera. Dengan situasi ini, keputusan mundur dari kompetisi pun terpaksa diambil demi kebaikan bersama.

Awalnya, Shin Tae-yong memanggil 29 pemain yang diproyeksikan tampil di Piala AFF U-23 2022 untuk melaksanakan TC di Bali.

Hanya saja, agenda TC ini tidak dapat dioptimalkan dengan baik lantaran ada sejumlah pemain yang masih harus berlaga di Liga 1.

Seperti diketahui, karena badai Covid-19, sejumlah klub mengalami krisis. Pelatih pun harus memutar otak demi memaksimalkan stok pemain yang tersedia.

Alhasil, pada TC yang digelar di Bali, skuat Timnas Indonesia U-23 tidak lengkap. Kondisi ini juga jadi perhatian khusus Shin Tae-yong, yang pada saat itu mengungkapkan persiapan masih baik walau ada kendala.

"Latihan banyak diikuti pemain yang baru gabung juga, karena habis pertandingan kemarin Liga 1, jadi sebagian conditioning training dan sebagian latihan dasar saja seperti passing," ujarnya, dikutip dari laman PSSI.

Meski begitu, Shin Tae-yong percaya diri bisa membawa Timnas Indonesia U-23 juara Piala AFF U-23 2022. Apalagi, agenda ini penting bagi para pemain muda untuk mengasah pengalaman jelang SEA Games 2021 (2022).