Liga Indonesia

Liga 3 Nasional Diwarnai Kericuhan, Pengamat: Pasti Masalah Non Teknis!

Kamis, 17 Februari 2022 20:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© NZR Sumbersari
Laga antara NZR Sumbersari vs Farmel FC di akhir laga. Foto: NZR Sumbersari Copyright: © NZR Sumbersari
Laga antara NZR Sumbersari vs Farmel FC di akhir laga. Foto: NZR Sumbersari

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola asal Malang, NZR Sumbersari menjadi sorotan karena menjadi biang kericuhan di putaran nasional Liga 3 2021, Rabu (9/2/22).

Pertandingan putaran nasional Liga 3 2021 antara NZR Sumbersari vs Farmel FC diwarnai kericuhan. Wasit Kevin Keegan Jarona dari Jayapura jadi sasaran amuk.

Sang wasit dinilai banyak keliru mengambil keputusan, salah satunya adalah penalti yang diberikan pada Farmel FC di menit akhir laga, sehingga berakhir imbang 1-1.

Kemarahan skuat NZR Sumbersari pun memuncak dan mengejar wasit yang lari pontang-panting menghindari kericuhan. Ini jadi insiden yang buruk di kompetisi Liga 3.

Komentator dan pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel mengulas sejumlah faktor mengapa sebuah tim bisa mengeluarkan emosinya kepada wasit.

"Liga 3 sudah bergulir, dan mulai banyak sorotan. Yang menghebohkan tentu saja wasit yang dikejar-kejar, ditendang, dipukul, dikeroyok, dikerubungi, terjadi di Malang," kata Tommy Welly.

"Klub NZR Sumbersari marah dan akhirnya mengejar-ngejar wasit, saat di menit-menit akhir wasit memberikan tendangan penalti kepada lawannya, Farmel FC," paparnya.

Menurut Bung Towel, percuma jika pemain bola hanya memiliki skill di atas lapangan, tapi tidak disertai dengan pemahaman non teknis yang juga berperan di sebuah laga.

"Sebuah klub untuk mencapai keberhasilan, tidak melulu soal teknis. Nggak bisa hanya mengandalkan semata-mata pemain hebat, bersama pelatih yang berkualitas," ujarnya.