Bola Internasional

3 Bintang Eropa Buat Timnas Indonesia Usai Gagal Naturalisasi Tijjani Reijnders

Minggu, 20 Februari 2022 16:02 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Soccrates/Getty Images
3 Bintang Eropa Buat Timnas Indonesia Usai Gagal Naturalisasi Tijjani Reijnders Copyright: © Soccrates/Getty Images
3 Bintang Eropa Buat Timnas Indonesia Usai Gagal Naturalisasi Tijjani Reijnders

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain keturunan di Liga Eropa berposisi sebagai gelandang yang bisa jadi opsi Timnas Indonesia usai gagal dapatkan Tijjani Reijnders. Siapa sajakah mereka?

Nama Tijjani Reijnders memang belakangan mencuat lantaran tengah dibidik oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk dinaturalisasi.

Sebagai informasi, Tijjani Reijnders merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk klub Liga Belanda, AZ Alkmaar.

Gelandang berusia 23 tahun tersebut jadi perbincangan usai dua pemain keturunan sebelumnya, Kevin Diks dan Mess Hilgers batal memperkuat Timnas Indonesia lewat jalur naturalisasi usai tidak mendapat restu dari orang orang tuanya.

Akan tetapi, Tijjani Reijnders yang digadang-gadang mengisi pos lini tengah Timnas Indonesia juga menolak. Hal ini diutarakan oleh anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Dalam postingan di akun Instagram pribadinya, Hasani mengatakan bahwa Tijjani belum berminat bergabung bersama Timnas Indonesia.

"Baru dikabarkan dari kolega di Eropa dimana Tijjani Reijnders belum berminat bergabung Timnas (Indonesia)," buka Hasani.

Namun Hasani Abdulgani belum patah arang. Sebab dia berharap suatu saat nanti Tijjani berubah pikiran dan berminat bermain untuk Timnas Indonesia.

"Semoga next time dia berminat," tambahnya.

Dengan gagalnya mendapatkan Tijjani Reijnders sebagai calon pemain Timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-yong tampaknya bakal mencari pengganti lain yang juga bintang keturunan Indonesia di luar negeri.

Meski belum ada nama pasti siapa sosok yang bakal dilirik Shin Tae-yong untuk masuk Timnas Indonesia, namun INDOSPOT coba merangkum tiga gelandang keturunan di liga Eropa yang mungkin bisa jadi opsi.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya:

Thom Haye

© Dok Pribadi/Thom Haye
Thom Haye pesepak bola Belanda Copyright: Dok Pribadi/Thom HayeThom Haye pesepak bola Belanda

Nama pertama adalah Thom Haye. Gelandang 27 tahun kelahiran Amsterdam ini merupakan pesepakbola Eropa yang memiliki darah Indonesia.

Dirinya mendapat garis keturunan Tanah Air dari kakek dan neneknya yang berasal dari wilayah Sulawesi dan Jawa.

“Nenek saya berasal dari Sulawesi sedangkan kakek lahir di Solo. Saya pernah sekali mengunjungi Indonesia di Bali dan sangat menyukai tempat itu,” cerita Thom Haye kepada INDOSPORT.

Serupa dengan Sandy Walsh, pemain yang musim ini memperkuat Heerenveen tersebut juga sempat mengungkapkan peluangnya untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

"Untuk saat ini saya membuka semua kesempatan, tapi masih belum pernah mendapat tawaran untuk membela Timnas Indonesia dan saya juga belum bisa memutuskannya,” jawabnya.

Pada awal musim 21/22, Thom Haye mampu tampil gemilang bersama NAC Breda dengan catatan 5 gol dan 7 assists dari 21 pertandingan.

Statistik tersebut membuat Thom Haye dilirik SC Heerenveen yang mentas di kasta teratas Liga Belanda dan merekrutnya pada 31 Januari 2022 silam.