Liga Indonesia

Profil Dandi Maulana: Pernah Main di Malaysia, Kini Dipecat Barito Putera

Senin, 21 Februari 2022 17:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Barito Putera
Dandi Maulana (kanan) berusaha menghalau pemain Persebaya. Copyright: © Barito Putera
Dandi Maulana (kanan) berusaha menghalau pemain Persebaya.

INDOSPORT.COM - Pernah menimba ilmu di Malaysia, ini profil Dandi Maulana Abdulhaq, pemain yang dipecat oleh PS Barito Putera di tengah kompetisi BRI Liga 1 2021-22.

Bek tengah Barito Putera, Dandi Maulana, menuai sorotan publik seusai dipecat oleh klub berjuluk Laskar Antasari tersebut.

Melalui pernyataan resminya, Barito Putera menyebut bahwa Dandi Maulana dipecat karena ia melakukan tindakan indisipliner, yang dikhawatirkan berdampak pada tim.

"Terhitung mulai Rabu, (16/2/2022), PS Barito Putera dan Dandi Maulana Abdulhaq telah resmi mengakhiri kontrak kerja," ujar manajer Barito Putera, M Ikhsan Kamil.

"Yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan ini tak lain karena Dandi Maulana telah melakukan tindakan yang kami anggap sebagai tindakan indisipliner," lanjut Ikhsan.

"Tindakan indisipliner ini merugikan tim secara keseluruhan dan menjadi sebuah contoh buruk bagi pemain-pemain lainnya."

Dandi Maulana merupakan pesepak bola muda asal Serang, Banten, yang lahir pada 17 Juli 1998. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu berusia 23 tahun.

Sebelum terjun di dunia profesional, Dandi Maulana sempat menimba ilmu bersama sebuah akademi sepak bola yang berbasis di Malaysia, Frenz United, pada 2014-2016.

Awalnya, Dandi Maulana berposisi sebagai penyerang. Potensi Dandi ditemukan oleh Mundari Karya, pelatih yang juga terkenal dalam memoles bakat muda di Indonesia.

Dandi Maulana mendapat kontrak resmi dari Barito Putera pada 1 Januari 2017. Ia mantap berposisi sebagai bek tengah, dan bermain bersama skuat Barito Putera U-21.