Liga Indonesia

Masih Muda, Wonderkid Persebaya Diminta Netizen Susul Pratama Arhan ke J-League

Selasa, 22 Februari 2022 10:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan

INDOSPORT.COM – Wonderkid Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, diminta netizen agar segera menyusul Pratama Arhan merintis karier di Liga Jepang atau J-League.

Marselino Ferdinan, di usianya yang baru menginjak 17 tahun, sudah menjadi tulang punggung Persebaya Surabaya yang bersaing di kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia, BRI Liga 1 2021-2022.

Pencetak 4 gol dan 6 assist dari 19 penampilannya di musim ini konsisten menyabet gelar Pemain Muda Terbaik Bulanan di Liga Indonesia dalam tahun pertamanya bersama Persebaya.

Tak heran jika gelandang kelahiran Jakarta tersebut pernah masuk dalam deretan 60 pemain muda berbakat tahun 2021 versi The Guardian.

Berkat keganasannya di kompetisi Liga 1 bersama Bajul Ijo, Marselino Ferdinan digadang-gadang sebagai pemain muda Indonesia selanjutnya yang berpeluang berkarier di luar negeri.

Marselino sendiri dikabarkan membidik Jepang sebagai salah satu negara tujuan, di mana dia bisa mengembangkan bakat sepak bolanya di luar negeri.

Sebuah unggahan akun Instagram, yakni @Bangga_Garuda yang khusus menyoroti kiprah para pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri, juga berharap Marselino bisa berkarier di Jepang.

Akun tersebut mengunggah sosok Marselino Ferdinan berseragam Persebaya. Namun akun tersebut meminta pendapat netizen di mana Marselino akan hijrah, J-League atau J2-League.

“Marsel harus segera DIUSIR dari liga Indonesia , sayang potensi besarnya jika bertahan di liga lokal , kalo udah umur 40 baru pulang ke Persebaya lagi,” tulis media ini.

“Untuk Marselino, menurut kalian cocok ke J1 atau dari Jleague dulu?” lanjut media ini seperti meminta netizen  memberikan komentar mereka.

Beberapa netizen meminta Marselino untuk mencoba kasta kedua Liga Jepang (J2-League) terlebih dulu untuk beradaptasi dengan iklim, budaya, kompetisi sekaligus menabung jam terbang.

@_juliantosaputra: “Kalo bisa J1 lah, kalo bisa liga top Eropa gass. Karena kiblat sepakbola tetap eropa. Mau cadangan juga gpp.”

@krisnabasskara: “Buat awal j2 sih lebih cocok klo permainan bagus mah pasti dilirik juga ama klub j1 intinya mah ada pembuktian dulu aja kalo di j1 bisa buktiin mah ya gaada masalah.”

@mohsalmanalfarsi: “Liga2 jepang dulu tuk tahap adaptasi.”

@amran_1569: “J2 dulu, terus dapet jam terbang, sekalian proses adaptasi cuaca, kultut, makanan.”