Bola Internasional

Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023: Grup Neraka Menanti Timnas Indonesia

Kamis, 24 Februari 2022 14:54 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Indonesia masuk dalam grup sulit usai pengundian grup kualifikasi Piala Asia 2023 Bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Indonesia masuk dalam grup sulit usai pengundian grup kualifikasi Piala Asia 2023 Bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dihadapkan dengan ujian sulit dalam usaha menembus putaran final Piala Asia 2023. Dalam pengundian babak grup kualifikasi putaran ketiga, Tim Garuda harus masuk dalam grup yang sulit.

Tergabung dalam Grup A, Timnas Indonesia harus berhadapan dengan dengan dua negara dari Timur Tengah yakni Yordania dan tuan rumah kualifikasi Kuwait. Satu negara lainnya adalah Nepal.

Sejarah membuktikan jika Kuwait selalu bisa jadi lawan yang berat. Dari enam pertemuan di ajang resmi, Timnas Indonesia hanya sekali bisa menang dan itu pun terjadi pada Oktober 1980 lalu dalam ajang Turnamen Merdeka.

Dengan ini dipastikan Timnas Indonesia harus berdarah-darah untuk lolos ke Piala Asia 2023 nanti. Pasalnya hanya juara grup yang kebagian tiket otomatis ke China sementara runner-up terbaik hanya bisa didapatkan oleh lima tim dari total enam grup.

Negara-negara tetangga di Asia Tenggara lain yang juga masuk grup neraka adalah Filipina di Grup B. The Azkals harus menghadapi Palestina, Yaman, dan juga Mongolia.

Malaysia juga demikian kendati mereka bertugas sebagai tuan rumah dan punya keuntungan bermain kandang. Harimau Malaya dipertemukan dengan Bahrain, Turkmenistan, dan juga Bangladesh di Grup E

Myanmar dan Singapura justru bisa bertemu di Grup E. Dua negara lain yang menjadi lawan mereka adalah Kyrgyzstan dan Tajikistan.

Nasib Thailand jauh lebih mujur meski harus disatukan dengan sang favorit, Uzbekistan, di Grup C. Kedua tim dianggap punya kualitas untuk lolos ke putaran final bila dibandingkan dengan Maladewa dan Sri Lanka yang jadi rival.