Bola Internasional

Calon Bek Timnas Indonesia Shayne Pattynama Pernah Bikin 'Trauma' Klub Erling Haaland

Rabu, 23 Februari 2022 15:00 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama sebelum ingin menjadi bagian dari Timnas Indonesia pernah menjadi momok untuk klub Erling HAaland, Molde FK, di Liga Norwegia. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama sebelum ingin menjadi bagian dari Timnas Indonesia pernah menjadi momok untuk klub Erling HAaland, Molde FK, di Liga Norwegia.

INDOSPORT.COM - Sosok Shayne Pattynama mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga fans Timnas Indonesia, tetapi calon naturalisasi berdarah Belanda itu sudah cukup punya nama di Liga Norwegia. Pasalnya Viking FK, klub tempatnya bermain, adalah kandidat juara musim lalu.

Dengan Pattynama sebagai opsi bek kiri utama mereka, klub Viking di 2021 mampu menduduki perigkat ketiga klasemen akhir Eliteserien atau kasta teratas Norwegia. Kesebelasan berjuluk De mørkeblå (Si Biru Gelap) itu pun berhak mengantongi tiket ke kualifikasi Liga Konferensi Eropa musim ini.

Dari 30 pertandingan, Viking mampu mengumpulkan 57 poin atau hanya terpaut enam angka saja dari sang juara, Bodø/Glimt. Molde FK di peringkat kedua tentu saja lebih dekat lagi dengan gap tiga poin.

Persaingan dengan Bodø/Glimt dan Molde pun sebenarnya tidak berat sebelah. Pasalnya Viking dan Shayne Pattynama hanya sekali merasakan kekalahan dalam empat pertemuan dengan para rival. Mungkin inilah kenapa timnas Indonesia dan PSSI mau mendengar permintaanya untuk bergabung.

Pattynama bahkan selalu tampil apik kala jumpa dengan Molde FK dan seakan jadi momok mereka. Dalam dua laga melawan eks klub Erling Haaland dan Ole Gunnar Solskjaer tersebut, sang pemain 23 tahun itu sukses mendulang masing-masing satu gol dan assist.

Di laga pertama, Agustus 2021, Pattynama menginspirasi comeback Viking di kandang sendiri atas Molde usai unggul 0-2 pada babak pertama. Satu umpannya dapat dimaksimalkan menjadi gol oleh Kevin Kabran yang kemudian membuat penggawa Viking lain bangkit kembali dan kemudian bisa menang 3-2.

Sebulan kemudian, Pattynama mencetak gol di markas Molde FK. Lewat gol keduanya pada musim itu, sang jebolan akademi Ajax Amsterdam dan FC Utrecht tersebut membuat Viking bisa pulang dengan satu poin usai berimbang 2-2.