Bola Internasional

Calon Naturalisasi, Harga Shayne Pattynama Tak Lebih Mahal dari 2 Fullback Timnas Indonesia

Rabu, 23 Februari 2022 13:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama digadang-gadang akan jadi fullback baru timnas Indonesia namun harga pasarannya tak lebih tinggi dari Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama digadang-gadang akan jadi fullback baru timnas Indonesia namun harga pasarannya tak lebih tinggi dari Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

INDOSPORT.COM - Pemain keturunan Belanda, Shayne Pattynama, dikabarkan masuk dalam proyek naturalisasi PSSI untuk membantu meningkatkan kualitas timnas Indonesia. Kedatangannnya akan semakin memperbanyak opsi Garuda di pos fullback yang sebelum ini sudah diperkuat dua talenta muda, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Karena berkaki kidal, Pattynama bisa menjadi kompetitor sepadan Arhan untuk posisi bek kiri. Sementara itu di sisi kanan akan jadi area yang diperebutkan oleh Asnawi dan Sandy Walsh.

Untuk kemampuan di atas lapangan, belum banyak yang diketahui soal Pattynama. Pasalnya saat ini ia sedang merumput bersama Viking FK di Liga Norwegia. Kompetisi yang masih sulit untuk diikuti dari Indonesia.

Hanya saja jika dilihat dari harga pasarannya, Pattynama mungkin berada di level yang mirip dengan Arhan maupun Asnawi. Data dari situs Transfermarkt memperlihatkan jika jebolan akademi Ajax Amsterdam dan FC Utrecht tersebut hanya sedikit tertinggal dibandingkan dua calon rekannya di timnas Indonesia.

Saat ini Shayne Pattynama dibanderol dengan harga Rp4,8 miliar. Nominal tersebut sudah menempel padanya sejak bergabung dengan Viking pada April 2021 silam.

Sementara itu Pratama Arhan ada di kisaran Rp5,2 miliar. Kemungkinan angka ini bisa menjadi lebih tinggi lagi mengingat sang youngster 20 tahun akan segera menjadi penggawa Tokyo Verdy di kasta kedua Jepang dengan kontrak permanen.

Asnawi Mangkualam lebih mahal lagi. Bintang milik Ansan Greeners tersebut bahkan sudah menyentuh angka Rp6 miliar. Sejak berkarier di Korea Selatan dalam satu tahun terakhir, bek kanan 22 tahun itu memang terus mengalami kenaikan nilai pasar yang drastis.