Bola Internasional

Profil Shayne Pattynama, Bek Keturunan Asal Belanda yang Siap ke Timnas Indonesia

Selasa, 22 Februari 2022 11:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama, bek Liga Norwegia yang siap Bela Timnas Indonesia. Foto: Soccrates/Getty Images. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama, bek Liga Norwegia yang siap Bela Timnas Indonesia. Foto: Soccrates/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Shayne Pattynama, pemain keturunan asal Belanda yang ingin membela Timnas Indonesia.

Lampu hijau soal hasrat sang pemain berseragam Timnas Indonesia ini pun diungkapkan oleh anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Menurut keterangannya, Shayne Pattynama telah menunjukkan ketertarikan bermain untuk skuat Garuda. Ia bahkan telah mengirim surat pernyataan dan sejumlah dokumen pendukung untuk proses naturalisasi.

“Shayne Pattynama pemain asal Belanda, sekarang bermain di klub Viking FK (Liga 1 Norwegia). Ayahnya lahir di Semarang,” demikian kata Hasani Abdulgani melalui sebuah unggahan di instagram, Selasa (22/02/22).

“Pattynama sudah mengirim surat pernyataan bersedia bermain untuk Timnas serta dokumen pendukung lainnya. Welcome to the board,” tulisnya lagi.

Kabar tentang merapatnya Shayne Pattynama ini pun menambah panjang daftar naturalisasi Timnas Indonesia. Sebelumnya, ada Sandy Walsh dan Jordi Amat, yang sudah melengkapi berkas-berkas dan mengantongi restu Kemenpora.

Shayne Pattynama merupakan salah satu pemain muda yang telah menorehkan prestasi di kancah Eropa. Seperti telah disebutkan oleh Hasani Abdulgani, yang bersangkutan saat ini bermain di Viking FK di Liga Norwegia.

Viking FK, klub yang berbasis di kota Stavanger ini tengah berkompetisi di Eliteserien, liga utama sepak bola Norwegia. Shayne Pattynama tercatat sebagai pemain berposisi bek kiri dengan paspor Belanda.

Berdasarkan data Transfermarkt, Shayne Pattynama saat ini berusia 23 tahun dan terikat kontrak dengan Viking FK sampai Desember 2023.

Meski menyandang nama Pattynama yang identik dengan Maluku, Shayne ternyata juga memiliki ikatan dengan kota Semarang yang merupakan tempat lahir sang ayah. Sementara itu, ia sendiri lahir dan besar di Belanda.