Bola Internasional

3 Kelebihan Shayne Pattynama yang Membuatnya Layak Perkuat Timnas Indonesia

Rabu, 23 Februari 2022 11:16 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Melihat tiga kelebihan Shayne Pattynama, bek berdarah Maluku di Eropa, yang membuatnya layak memperkuat Timnas Indonesia. Copyright: © Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Melihat tiga kelebihan Shayne Pattynama, bek berdarah Maluku di Eropa, yang membuatnya layak memperkuat Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga kelebihan Shayne Pattynama, bek berdarah Maluku di Liga Eropa yang membuatnya layak untuk memperkuat Timnas Indonesia. Bakal jadi tumpuan skuat Garuda?

Nama Shayne Pattynama belakangan jadi perbincangan hangat terutama buat para pencinta sepak bola nasional dan Timnas Indonesia.

Pasalnya, bintang klub raksasa Liga Norwegia, Viking FK, tersebut dikabarkan tidak lama lagi akan segera membela skuat Merah-Putih.

Kabar ini diungkapkan langsung oleh Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, yang dipercaya mengurusi proses naturalisasi pada pemain keturunan, melalui unggahannya di akun resmi Instagram, Selasa (22/02/22).

Hasani mengatakan bahwa bek berusia 23 tahun ini sudah mengirimkan surat pernyataan terkait ketersediaannya bermain untuk Timnas.

Selain itu, pemain keturunan Belanda-Indonesia tersebut juga sudah mengirimkan dokumen pendukung lainnya sebagai syarat naturalisasi menjadi WNI.

Pemain yang ayahnya merupakan orang Maluku namun lahir di kota Semarang, Jawa Tengah, tersebut saat ini tinggal menunggu proses untuk segera bergabung dengan Timnas Indonesia.

“Pattynama sudah mengirim surat pernyataan bersedia bermain untuk Timnas serta dokumen pendukung lainnya. Welcome to the board,” tulis Hasani.

Bakal jadi salah satu penggawa Timnas Indonesia, sejatinya potensi Shayne Pattynama memang sangat dibutuhkan buat skuat Garuda.

Selain faktor jam terbang di kompetisi Eropa, ada beberapa kelebihan lain yang membuat pemain 23 tahun ini dianggap layak berseragam Timnas Indonesia. Lantas apa saja kelebihan tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Multi Posisi

Kelebihan pertama adalah kemampuan Shayne Pattynama yang versatile atau bermain di lebih dari satu posisi.

Melansir dari laman Transfermarkt.com, selain bermain sebagai bek kiri yang memang jadi posisi utamanya, Shayne Pattynama pada musim 20/21 juga pernah ditempatkan sebagai left midfielder hingga left winger.

Bahkan selama masih mentas di Liga Belanda, jebolan akademi FC Utrecht tersebut mampu bermain di hampir semua sektor lini tengah dan pertahanan. Mulai dari gelandang tengah, gelandang bertahan, gelandang serang, sayap kanan, bek sayap hingga bek tengah.

Berbekal kemampuan tersebut, Shayne Pattynama bisa jadi kartu truf buat Timnas Indonesia dan pelengkap di berbagai sektor.

Jika membutuhkan pemain bertahan, Shayne Pattynama jelas jadi pilihan utama. Andai lini tengah Timnas Indonesia kekurangan kreativitas, dirinya pun bisa jadi opsi Shin Tae-yong.