In-depth

3 Bintang Timnas Indonesia yang Jadi Korban Kedatangan Shayne Pattynama

Selasa, 22 Februari 2022 13:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Berikut 3 pemain Timnas Indonesia yang berpotensi jadi korban, jika bintang Viking FK, Shayne Pattynama, sukses menjalani proses naturalisasi. Foto: Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images Copyright: © Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Berikut 3 pemain Timnas Indonesia yang berpotensi jadi korban, jika bintang Viking FK, Shayne Pattynama, sukses menjalani proses naturalisasi. Foto: Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images

INDOSPORT.COM – Berikut 3 pemain Timnas Indonesia yang berpotensi jadi korban, jika bintang Viking FK, Shayne Pattynama, sukses menjalani proses naturalisasi.

Upaya PSSI menambah pemain naturalisasi berjalan lambat seiring batalnya Kevin Diks dan Mees Hilgers karena tak mendapatkan restu dari orang tua masing-masing, serta Tijjani Reijnders yang diklaim belum berminat membela Indonesia dalam waktu dekat.

Meski demikian, usai 3 kegagalan tersebut, PSSI akhirnya mendapat kabar baik seiring bakal adanya nama baru yang akan dinaturalisasi. Sosok yang dimaksud adalah Shayne Pattynama, bintang klub Liga Norwegia, Viking FK.

Kabar baik ini datang dari Hasani Abdulgani. Exco PSSI itu menyebut Pattynama sudah menyatakan kesediaan membela timnas Indonesia dan telah mengirimkan sejumlah dokumen pendukung.

“Shayne Pattynama pemain asal Belanda, sekarang bermain di klub Viking FK (Liga 1 Norwegia). Ayahnya lahir di Semarang. Pattynama sudah mengirim surat pernyataan bersedia bermain untuk Timnas serta dokumen pendukung lainnya. Welcome to the board,” tulis Abdulgani di unggahan Instagram-nya.

Shayne Pattynama sendiri sempat bergabung dengan akademi Ajax dan Utrecht, sebelum menjalani debut profesional bersama Jong Utrecht pada Agustus 2017 di Eerste Divisie alias kasta kedua Liga Belanda.

Ia bermain 2 musim di Jong Utrecht dengan catatan 41 penampilan dan mencetak 1 gol, lalu pindah ke Telstar yang juga bermain di Eerste Divisie.

Bersama Telstar, penampilannya meningkat sehingga ia bisa mencetak 5 gol dari 48 penampilan dalam 2 musim, meski berposisi sebagai bek kiri.

Penampilan apiknya bersama Telstar pun menarik perhatian klub kasta tertinggi Norwegia, Viking FK, yang kemudian memboyongnya pada April 2021 lalu.

Di musim pertamanya, Shayne Pattynama sukses jadi andalan dan mencatatkan 26 penampilan di semua kompetisi serta mencetak 2 gol.

Saat ini, ia tengah menjalani rangkaian laga pramusim bersama Viking FK, sebelum memulai Liga Norwegia musim 2022 yang akan dibuka pada 2 April 2022 nanti.

Dengan kualitasnya dan pengalamannya bermain di Eropa, Shayne Pattynama jelas akan menjadi tambahan berharga bagi timnas Indonesia khususnya lini belakang, bila akhirnya sukses dinaturalisasi.

Meski demikian, kedatangannya pun berpotensi membuat sejumlah nama menjadi korban dengan tergusur atau mengalami penurunan menit bermain. Siapa saja pemain Timnas Indonesia yang jadi korban kedatangan Shayne Pattynama? Berikut ulasannya: