Bola Internasional

Buntut Invasi ke Ukraina, Polandia Tolak Lawan Rusia di Play-off Piala Dunia 2022

Sabtu, 26 Februari 2022 19:36 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Jose Manuel Vidal/Getty Images
Robert Lewandowski berduel dengan Rodrigo di laga Euro 2020 Spanyol vs Polandia. Copyright: © Jose Manuel Vidal/Getty Images
Robert Lewandowski berduel dengan Rodrigo di laga Euro 2020 Spanyol vs Polandia.

INDOSPORT.COM - Presiden federasi sepak bola Polandia mengumumkan tim nasional mereka tak akan bermain lawan Rusia di play-off Piala Dunia 2022 di Moskow pada 24 Maret mendatang.

Keputusan ini diambil terkait invasi Rusia ke Ukraina yang kini tengah berlangsung sejak tiga hari belakangan.

“Waktu untuk berbicara telah usai. Saatnya beraksi. Karena agresi Federasi Rusia di Ukraina, timnas Polandia tak akan bermain di play-off melawan Rusia,” tulis sang presiden federasi Cezary Kulesza, dikutip dari The National Sport.

Kulesza juga menyebut hal tersebut sebagai satu-satunya keputusan yang tepat.

Tak lama berselang, Presiden Polandia Andrzej Duda juga menyampaikan dukungan terhadap federasi sepak bolanya.

“Dan betul, Presiden Cezary Kulesza. Anda tidak bermain melawan bandit!”

Sementara itu Perdana Menteri Mateusz Morawiecki juga menyampaikan pendapatnya melalui Facebook, menulis dirinya bangga dan bersyukur atas keputusan itu.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan federasi Swedia dan Ceko, untuk mengajukan keputusan yang sama ke FIFA. Pasalnya, pemenang dari laga ini harus berlaga di Rusia pada 29 Maret, jika Polandia kalah.

Sebelumnya pada Kamis (25/02/22) lalu, ketiga federasi negara tersebut mengajukan pernyataan bersama, meminta FIFA untuk memindahkan pertandingan play-off mereka dari Rusia.