Liga Indonesia

PSSI Urus 3 Dokumen, Shayne Pattynama Susul Sandy Walsh dan Jordi Amat

Sabtu, 26 Februari 2022 21:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda). Copyright: © Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

INDOSPORT.COM - PSSI memastikan mengurus dokumen tiga pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Berkas Shayne Pattynama menyusul dua pemain lain, yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat yang sudah lebih dahulu masuk.

Kabar tersebut diutarakan oleh anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Berkas Shayne Pattynama menyusul berkas Sandy Walsh dan Jordi Amat, yang sudah lebih dahulu masuk ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kemarin kami rapat sama STY (Shin Tae-yong), coach Indra (Sjafri), dan tim legal PSSI, ini dimasukin tiga dulu, kan yang kemarin ditunda Jordi Amat, sudah selesai," kata Hasani Abdulgani saat dihubungi awak media, Sabtu (26/2/22).

Dalam pengurusan berkas ini bukanlah tanpa hambatan. Dokumen Jordi Amat sempat dikembalikan karena diketahui sempat membela timnas Spanyol U-21.

Namun, Hasani menegaskan bahwa permasalahan itu sudah selesai. Dia percaya dengan orang yang membantu Jordi Amat bisa membela timnas Indonesia, meski pernah berbaju Spanyol di kelompok umur.

Selain Jordi Amat, ada permasalahan lain, yakni proses pemain keturunan lain masih belum bisa dilanjutkan. Pasalnya, orang yang dimaksud Hasani berasal dari Italia dan punya tunangan asal Ukraina.  

"Saya percaya pengacara ini (terkait masalah Jordi Amat), dia sudah banyak menangani pemain bagus di Eropa," beber Hasani Abdulgani.

"Nah, jadi ini agak personal nih, teman saya agen yang saya minta bantu di Italia, tunangannya orang Ukraina, lagi di Ukraina, kan ada masalah. Jadi, saya nggak mau ganggu dulu lah, mudah-mudahan pekan-pekan depan, akan dilanjut semoga tak masalah,” pungkasnya.