Bola Internasional

Resmi! FIFA dan UEFA Larang Timnas dan Klub Rusia Tampil di Segala Kompetisi

Selasa, 1 Maret 2022 01:29 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
LOGO FIFA. Copyright: © INDOSPORT
LOGO FIFA.

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan  Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi melarang baik tim nasional dan klub Rusia tampil di segala ajang.

Keputusan UEFA dan FIFA ini diambil beberapa waktu lalu. Kedua induk sepak bola ini mengambil keputusan tersebut karena invasi Rusia ke Ukraina.

“Sepak bola sepenuhnya Bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh terhadap orang-orang yang terkena dampak di Ukraina,” bunyi pernyataan UEFA dan FIFA.

“Situasi di Ukraina akan membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepak bola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang,” bunyi harapan dari Presiden kedua federasi tersebut.

Tak cukup dengan menghukum tim nasional Rusia dan tim-tim asal negeri Beruang Merah dari ajangnya, UEFA juga mengambil langkah tegas dengan memutus kerjasamanya dengan sponsor mereka, Gazprom.

Gazprom sendiri merupakan sebuah perusahaan gas asal Rusia dan juga salah satu sponsor utama UEFA. Keputusan ini pun membuat nama Gazprom tak akan ada lagi di kompetisi naungan UEFA.

Dengan kata lain, hukuman ini pun membuat tim nasional Rusia dan klub-klub sepak bolanya ketar-ketir. Sebab, masa depan mereka terutama di musim ini menjadi tanda tanya.

Hukuman dari FIFA membuat tim nasional Rusia tak akan bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang. Padahal, The Golden Eagles dalam waktu dekat akan menjalani Play Off melawan Polandia.

Sedangkan bagi klub-klub Rusia, hukuman dari UEFA membuat mereka tak bisa tampil di kancah Liga Primer Rusia (RPL), Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League. Padahal, wakilnya seperti Spartak Moskow telah lolos ke babal 16 besar Liga Europa.