Bola Internasional

Usai Lepas Chelsea, Abramovich ‘Bantu’ Ukraina Berdamai dengan Rusia

Selasa, 1 Maret 2022 01:01 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Pasca melepas Chelsea, Roman Abramovich turun tangan menjadi mediator perundingan damai antara Ukraina dan Rusia. Copyright: © Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Pasca melepas Chelsea, Roman Abramovich turun tangan menjadi mediator perundingan damai antara Ukraina dan Rusia.

INDOSPORT.COM – Langkah berani diambil oleh pemilik Chelsea, Roman Abramovich yang bersedia membantu Ukraina untuk membicarakan perundingan damai dengan Rusia.

Belakangan ini, konflik Rusia-Ukraina menjadi buah bibir bagi seluruh masyarakat dunia. Terlebih sejak negeri Beruang Merah itu melancarkan invasi ke negara Keranjang Roti Eropa.

Isu geopolitik antara Rusia dan Ukraina ini menjadi cikal bakal konflik yang kemudian menyasar ke beragam sektor. Salah satunya adalah sepak bola.

Sebagai bukti, Abramovich yang tak tahu menahu akan konflik ini, harus rela jabatannya sebagai pemilik Chelsea dilepaskan begitu saja.

Hal ini lantaran Abramovich disebut-sebut memiliki kedekatan dengan Vladimir Putin, Presiden Rusia yang memerintahkan invasi ke Ukraina.

Akibat kedekatan tersebut, bilyuner asal Rusia ini pun terkena getahnya dan mendapat cibiran, sehingga dirinya melepaskan tampuk kepemilikan atas Chelsea.

Meski tak terlibat dan hanya terkena getahnya saja, Abramovich nyatanya tak tinggal diam akan kejadian ini. Dilaporkan oleh ESPN, dirinya pun ikut turun tangan.

Pria berusia 55 tahun ini rela turun tangan untuk menjadi mediator perundingan damai antara Rusia dan Ukraina. Hal ini seperti yang disebutkan oleh juru bicara Abramovich sendiri.

“Saya bisa mengkonfirmasi Roman Abramovich dihubungi oleh pihak Ukraina untuk memberikan dukungan demi mencapai resolusi damai. Sejak saat itu, dia pun mulai memberikan pertolongan,” ujar juru bicara Abramovich dikutip dari ESPN.