In-depth

5 Sultan yang Dirumorkan Akan Beli Chelsea Setelah Dijual Roman Abramovich

Kamis, 3 Maret 2022 20:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Chelsea Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Chelsea

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah para konglomerat dunia yang bersedia membeli Chelsea dari tangan Roman Abramovich.

Chelsea dipastikan akan ditinggalkan pemilik lamanya, Roman Abramovich setelah pria asal Rusia itu mengonfirmasi akan menjualnya ke pihak lain, buntut dari konflik Rusia dengan Ukraina.

Serangan militer Rusia yang menginvasi Ukraina sejak sepekan lalu, rupanya berdampak terhadap berbagai sektor. Termasuk lini bisnis yang dimiliki para pengusaha asal Rusia, salah satunya dalah Roman Abramovich.

Sejumlah bisnis yang dimiliki terkena kerugian, hingga dia harus diusir dari tempat tinggalnya di London, setelah pemerintah Inggris menyatakan kontra terhadap serangan Rusia kepada Ukraina.

Setelah beberapa hari meninggalkan Inggris, Abramovich kemudian melakukan keputusan mengejutkan yakni menjual klub yang dimilikinya, Chelsea. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kebaikan klub, karena ia disebut-sebut dekat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Oleh sebab itu, Abramovich pun melepas keterlibatannya dalam klub asal London tersebut. Dia menyerahkan kepengurusan ke pihak yang dinilai dapat dipercaya.

“Saya selalu selalu mengambil keputusan terbaik untuk klub. Saya selalu mengangkat nilai ini. Oleh sebab itu, saya memberikan kepercayaan kepada Chelsea Charitable Foundation untuk mengurus dan menjaga klub,” kata Abramovich di laman resmi klub.

Hal ini membuat Abramovich tak terlibat dengan Chelsea untuk pertama kalinya sejak mengambil alih klub pada Juli 2003 silam. Dia pun bangga bisa membawa Chelsea sesukses sekarang.

“Selama 20 tahun menjadi pemilik Chelsea, saya selalu menganggap peran saya sebagai bagian dari klub. Tugas saya adalah memastikan kami dapat sesukses sekarang, dan membangun masa depan,” ujarnya.

Abramovich membeli Chelsea dengan mahar 140 juta poundsterling pada 2003 lalu atau setara dengan Rp2,6 triliun dalam kurs saat ini.

Dalam laporan Mirror, taipan asal Rusia itu akan melepaskan Chelsea dengan bayaran minimal 4 miliar poundsterling atau setara dengan Rp76 triliun.

Kenaikan harga yang fantastis itu tidak lepas dari prestasi The Blues di bawah kepemimpinan Abramovich. Sederet trofi bergengsi mampu dimenangkan oleh Chelsea, seperti Liga Inggris, Liga Champions higga Piala Dunia Antarklub.

Kendati harganya selangit, rupanya banyak miliarder yang siap membeli Chelsea. Siapa para konglomerat yang tertarik?