Liga Inggris

Sering Pecat Pelatih, Segini Kerugian Uang Manchester United Buat Bayar Pesangon

Kamis, 3 Maret 2022 19:16 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
© Reuters/Lee Smith
Selebrasi pemain Manchester United, Fred dan Anthony Elanga usai merayakan gol ke gawang Leeds United. Foto: Reuters/Lee Smith Copyright: © Reuters/Lee Smith
Selebrasi pemain Manchester United, Fred dan Anthony Elanga usai merayakan gol ke gawang Leeds United. Foto: Reuters/Lee Smith

INDOSPORT.COM Manchester United ternyata banyak membuang uang untuk memberikan kompensasi kepada pelatih yang dipecat, selepas pensiunnya Sir Alex Ferguson.

Raksasa Inggris, Manchester United, kini dikenal sebagai klub yang lebih doyan memecat pelatih, ketimbang meraih prestasi, setidaknya dalam sembilan tahun belakangan.

Seperti diketahui, The Red Devils kehilangan sang legenda hidup, Sir Alex Ferguson pada 2013 selepas meraih juara Liga Inggris musim 2012/2013 karena pensiun.

Sepeninggal pelatih yang akrab disapa Fergie ini, Manchester United agaknya kesulitan meraih prestasi dan cenderung memiliki tren yang naik-turun.

Lantaran hal tersebut, tim yang bermarkas di Stadion Old Trafford ini cenderung sering berganti pelatih.

Mulai dari David Moyes yang diboyong dari Everton pada 2013, kemudian Louis van Gaal pada 2014, Jose Mourinho pada 2016, dan Ole Gunnar Solskjaer pada 2019 diperkenalkan sebagai pelatih.

Hasilnya, Manchester United hanya mampu meraih satu trofi Piala FA, satu trofi Carabao Cup, dua Community Shield, dan Satu Trofi Liga Europa yang menjadi trofi terakhir yang diraih.

Lantaran kurangnya gelar yang didapat, beberapa pelatih harus dipecat dan Solskjaer menjadi korban paling anyar.

Sang pelatih sendiri sebenarnya masih memiliki kontrak jangka panjang hingga akhir musim 2023/2024 mendatang.