Liga Indonesia

Ramalan Shin Tae-yong Terkait Kiprah Pratama Arhan di Liga Jepang bareng Tokyo Verdy

Jumat, 4 Maret 2022 15:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, angkat bicara perihal transfer Pratama Arhan ke klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy. Juru taktik berusia 51 tahun itu sempat berdiskusi dengan sang pemain.

Shin Tae-yong optimistis Arhan bisa berkembang dan menjadi lebih baik bersama Tokyo Verdy. Dia menilai eks bek kiri PSIS Semarang tersebut punya modal disiplin dan kerja keras. 

"Pratama Arhan juga diskusi sama saya sebelum berangkat. Menurut saya, dia disiplin jadi bisa berkembang dengan baik disana karena sepak bola Jepang sangat detail," kata Shin Tae-yong, Jumat (4/3/22).

"Dia bisa belajar dan berikan contoh buat pemain lain di Indonesia. Dia bisa menjadi pemain bagus," imbuh pelatih berpaspor Korea Selatan itu.

Pratama Arhan sejauh ini selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong dari timnas Indonesia U-19 hingga senior. Bek berusia 20 tahun itu belum lama ini dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Kentaro Tsuboi selaku Direktur Teknik Tokyo Verdy menjelaskan, timnya memboyong pemain PSIS Semarang itu karena karakter pekerja keras dan kemampuan individu yang bagus.

Kebetulan, Tokyo Verdy juga membutuhkan pemain di po bek kiri. Pilihan pun dijatuhkan kepada Pratama Arhan, bahkan kedua pihak sudah melakukan negoisasi sejak pertengahan tahun lalu.