Liga Indonesia

M. Iqbal Kenang Pengalaman Main di Liga Korea: Pemain Indonesia Lebih Hebat

Senin, 14 Maret 2022 15:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Cheongju FC
Muhammad Iqbal jalani debut di klub Liga 3 Korea, Cheongju FC. Copyright: © Cheongju FC
Muhammad Iqbal jalani debut di klub Liga 3 Korea, Cheongju FC.

INDOSPORT.COM - Pesepak bola muda Indonesia, Muhammad Iqbal mengenang pengalaman singkatnya bermain di Liga 3 Korea Selatan, membela klub Cheongju FC.

Muhammad Iqbal menggebrak sepak bola Indonesia setelah lolos seleksi dan masuk di klub Korea Selatan. Ia berbeda dengan Asnawi yang masuk Ansan Greeners lewat rekomendasi.

Muhammad Iqbal merupakan gelandang yang kini berusia 21 tahun. Pada Mei 2021, ia dikontrak Cheongju FC, walaupun Iqbal hanya main sampai November.

Namun, bagi Muhammad Iqbal, salah satu cita-citanya akhirnya terwujud, dan ia ingin memantapkan diri lagi untuk ke luar negeri.

"Pertama mental dulu harus siap, tekad dari kecil memang pengen bermain di luar negeri," tutur Muhammad Iqbal saat tampil di kanal Youtube milik pesepak bola Hamka Hamzah.

"Seleksi 1,5 bulan, betul-betul seleksi, latihan dulu, alhamdulillah keterima, walaupun cuma dikasih tiga kali bermain," ungkap eks pemain Cheongju FC tersebut.

Setelah beberapa waktu berlatih dan tampil membela Cheongju FC, Muhammad Iqbal pun mengakui jika sejatinya pemain lokal Indonesia juga bisa bersaing di Korea Selatan.

"Kita (Indonesia) bisa bersaing, kalau kita mempraktekkan latihan di sana, mentalnya seperti orang sana, kita juga bisa kayak orang sana, kita bisa bersaing," jelasnya.

"Kalau skill, pemain kita nggak kalah, malah lebih bagus pemain kita. Tapi cara mainnya, teknik dasar kita yang kurang," imbuhnya.

Maka dari itu, Muhammad Iqbal berharap bisa kembali ke Korea Selatan, dan makin banyak pemain sepak bola Indonesia yang melebarkan sayapnya ke Negeri Ginseng.