In-depth

4 Striker di Liga Prancis yang Ternyata Lebih Jago Cetak Gol daripada Lionel Messi

Selasa, 15 Maret 2022 21:25 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Susana Vera
Ekspresi wajah lesu Lionel Messi usai ditaklukan Real Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions. FOTO: REUTERS/Susana Vera Copyright: © REUTERS/Susana Vera
Ekspresi wajah lesu Lionel Messi usai ditaklukan Real Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions. FOTO: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM - Bomber Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi ternyata kalah tajam dari empat penyerang ini di Liga Prancis

Bursa transfer musim panas 2021 lalu jagat dunia sepak bola internasional dihebohkan dengan kepindahan Lionel Messi dari Barcelona menuju Paris Saint-Germain (PSG).

Hal tersebut mengejutkan karena banyak yang tidak menyangka kalau Lionel Messi berani meninggalkan Barcelona, untuk mencicipi persaingan di liga lain. 

Ini pertama kalinya Messi pindah klub setelah hampir 21 tahun bermain untuk Barcelona. Siapa yang menyangka jika penyerang asal Argentina ini akhirnya meinggalkan Camp Nou.

Pemain berusia 34 tahun itu bergabung dengan tim muda Barcelona sejak usia 13 tahun.

Kini ia menjadi pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa dan pembuat penampilan dengan 672 gol dalam 778 pertandingan di semua kompetisi. 

Les Parisiens memboyong Messi dengan free transfer alias gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Sebab hingga bursa transfer musim panas dibuka, Barcelona tak kunjung sepakat dengan kontrak baru untuk sang megabintang  karena terganjal aturan salary cap dari La Liga.

Di PSG, Messi dikontrak selama dua musim atau hingga 2023 dengan opsi perpanjangan satu musim.

Dikutip Yahoosports, Messi mendapat kontrak senilai 35 juta euro setelah dipotong pajak atau setara Rp591 miliar per tahun.

Jika dibagi per bulannya, Messi akan mendapat sekitar 2,91 juta euro (Rp 49 miliar), lalu per pekannya sekitar 729 ribu euro (Rp 12,3 miliar).

Akan tetapi ekspektasi yang tinggi kalau Messi akan tampil menggila bersama PSG lantaran banyak pemain bintang lain di sana, tidak sesuai harapan.

La Pulga kesulitan beradaptasi di Liga Prancis, sehingga penampilan melempem tak seperti di Barcelona yang sangat tajam.

Sejauh ini Lionel Messi baru mencetak dua gol dan 11 assist dari 18 penampilannya di Liga Prancis.

Alhasil, dia pun terlihat kalah tajam dari sejumlah penyerang di kasta tertinggi sepak bola Prancis. Siapa saja mereka?