Liga Indonesia

Termasuk Teja Paku Alam, Pelatih Brasil Sebut 4 Kiper Terbaik di Liga 1

Jumat, 18 Maret 2022 14:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© persib.co.id
Teja Paku Alam kiper Persib Bandung Copyright: © persib.co.id
Teja Paku Alam kiper Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Termasuk Teja Paku Alam, pelatih kiper berkebangsaan Brasil, Felipe Americo menyebutkan empat kiper terbaik yang bermain di BRI Liga 1 2021-22.

Posisi penjaga gawang atau kiper sangat menentukan dalam sebuah tim. Jika kiper mumpuni, maka para pemain lainnya bisa dengan leluasa maju ke pertahanan lawan.

Begitu juga dengan ajang Liga 1 2021-22. Persib Bandung menjadi tim yang paling jarang kebobolan, berkat Teja Paku Alam, Deden Natshir, dan juga I Made Wirawan.

Selain Persib, Bali United FC juga menjadi salah satu tim Liga 1 yang musim ini paling minim kebobolan, berkat kokohnya Nadeo Argawinata dan juga Wawan Hendrawan.

Jangan lupa, ada Arema FC yang musim ini menggunakan kiper asing, Adilson Maringa, juga salah satu yang terbaik di Liga 1 2021.

Pelatih kiper asal Brasil yang pernah menukangi Barito Putera dan Arema FC, Felipe Americo, menyebutkan empat kiper terbaik yang ia lihat di kompetisi BRI Liga 1.

"Saya sudah empat tahun di Indonesia. Ada banyak kiper bagus di sini," ungkap Felipe Americo di kanal Youtube Tiento Indonesia.

"Kiper kita (Arema FC), Teguh Amiruddin bagus sekali, lalu ada Teja Paku Alam dari Persib, Nadeo Argawinata dari Bali United, Deden Natsir dari Persib," sebut Felipe.

Menurut Felipe Americo, menjadi seorang kiper tidak mudah, apalagi dalam satu tim hanya dibutuhkan satu kiper yang berlaga.

"Kalau mau jadi kiper, harus punya banyak hal. Harus punya lompatan bagus, reaksi bagus, tapi itu bisa kita latih, kalau latihan tiap hari, mereka bisa berprogres," ujarnya.