In-depth

Sinyal Kebangkitan Barcelona Bersama Xavi Hernandez, Sang Penerus Pep Guardiola

Selasa, 22 Maret 2022 10:51 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Albert Gea
Aksi Xavi Hernandez kala memimpin Barcelona di laga kontra Atletico Madrid (06/02/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea) Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Aksi Xavi Hernandez kala memimpin Barcelona di laga kontra Atletico Madrid (06/02/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM – Sinyal kebangkitan Barcelona mulai terlihat sejak ditukangi oleh Xavi Hernandez. Setidaknya, hal tersebut terlihat dalam beberapa laga terakhir.

Kemenangan terakhir Barcelona yang didapat di kancah Liga Spanyol 2021/22 kala bertandang ke Real Madrid menjadi bukti sahih bahwa Xavi berhasil mengubah kembali wajah Blaugrana.

Sebagaimana diketahui, Barcelona berhasil meraih kemenangan El Clasico perdananya sejak 2019 usai menumbangkan Real Madrid dengan skor 4-0 di Santiago Bernabeu, Senin (21/03/22).

Dalam laga tersebut, empat gol Barcelona masing-masing dicetak oleh dua gol Pierre-Emerick Aubameyang dan dua gol dari Ronald Araujo serta Ferran Torres.

Aubameyang membuka papan skor terlebih dahulu di menit ke-29 yang kemudian disusul oleh Ronald Araujo sembilan menit berselang sekaligus menutup skor di babak pertama.

Di babak kedua, Ferran Torres membuat Barcelona unggul tiga gol sebelum akhirnya Aubameyang menutup pesta gol itu di menit ke-51.

Dalam pesta gol itu, Barcelona benar-benar unggul segalanya atas Real Madrid, baik itu dalam penguasaan bola dan jumlah peluang yang dimiliki.

Barcelona unggul 20 persen penguasaan bola ketimbang Real Madrid dan mampu melepaskan 18 tembakan, di mana 10 di antaranya mengarah ke gawang Thibaut Courtois.

Keunggulan ini menjadi bukti bahwa Xavi benar-benar berhasil mengubah wajah Barcelona dalam waktu singkat. Terlebih, pesta gol itu dibuat ke gawang sang pemuncak klasemen, Real Madrid.

Tak cukup sampai di situ, masih ada bukti lainnya mengapa Barcelona benar-benar telah berubah drastis di bawah arahan Xavi Hernandez.