Liga Inggris

Chelsea Akan Jadi Klub Olahraga Paling Bernilai Sepanjang Sejarah

Rabu, 23 Maret 2022 20:19 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Suhaib Salem
Chelsea berhasil mengalahkan Palmeiras di final Piala Dunia Antarklub 2022 yang digelar di Mohammed Bin Zayed Stadium hari Minggu (13/02/22). FOTO: REUTERS/Suhaib Salem Copyright: © REUTERS/Suhaib Salem
Chelsea berhasil mengalahkan Palmeiras di final Piala Dunia Antarklub 2022 yang digelar di Mohammed Bin Zayed Stadium hari Minggu (13/02/22). FOTO: REUTERS/Suhaib Salem

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris, Chelsea memang sedang tertimpa masalah. Abramovich terkena sanksi Pemerintah Inggris, akibat invasi Rusia ke Ukraina.

The Blues kini menghadapi masalah keuangan, terkait hal tersebut. Roman Abramovich, juga dipaksa menjual klub kesayangannya itu.

Setelah penjualan Chelsea resmi diumumkan, banyak konglomerat dunia yang antre untuk jadi pemilik baru. Kini, Chelsea berpotensi jadi klub olahraga paling bernilai dalam sejarah di dunia.

Pada hari Jumat (18/03/22) yang ditetapkan sebagai deadline, lebih dari 20 pihak telah mengajukan tawaran resmi, untuk mengambil alih klub yang bermaskas di Stamforfd Bridge itu.

Sebelum sanksi resmi dijatuhkan, Roman Abramovih telah mematok harga tak kurang dari 57 triliun bagi pihak yang berminat.

Namun, akibat sanksi yang dijatuhkan oleh Pemerintah Inggris, membuat Abramovich tak akan mendapatkan keuntungan dari penjualan ini.

Roman Abramovich sendiri, membeli Chelsea dengan mahar 2,8 triliun pada 2003. Namun, tentu sudah banyak uang yang ia keluarkan selama ini.

Menurut laporan The Athletic, sebagian besar penawar telah memasang harga yang tak jauh dari yang telah ditetapkan Abramovich, yakni 57 triliun Rupiah.

Angka tersebut mengalahkan rekor pembelian sebelumnya, yang dipegang keluarga Glazer saat membeli Manchester United dengan biaya 15 triliun Rupiah.

Dengan banyaknya penawar yang antre, seakan membuktikan bahwa Chelsea memang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Hal yang tak mengherankan, mengingat The Blues juga merupakan Juara Eropa.