Bola Internasional

FIFA Resmi Umumkan Prosedur Drawing Piala Dunia 2022 di Qatar

Rabu, 23 Maret 2022 15:02 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS
Foto launching logo terbaru untuk turnamen sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar. Copyright: © REUTERS
Foto launching logo terbaru untuk turnamen sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar.

INDOSPORT.COM - Pesta sepak bola antar negara paling bergengsi yaitu Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar segera dimulai dalam beberapa bulan lagi.

FIFA telah mengumumkan bahwa drawing Piala Dunia 2022 dilaksanakan pada 1 April 2022 di Doha, Qatar. Pengundian tersebut akan dihadiri oleh 2.000 tamu istimewa dari penjuru dunia.

Organisasi induk sepak bola dunia itu, juga mengumunkan mekanisme undian grup yang tidak berbeda jauh dari gelaran sebelumnya.

Awalnya, negara peserta akan dibagi kedalam empat Pot. Qatar yang tampil sebagai tuan rumah berada di Pot satu bersama tujuh negara teratas dalam ranking FIFA.

Negara yang berada di ranking delapan hingga 15 akan berada di pot dua. Ranking 16 hingga 23 akan berada di pot tiga dan diatas itu akan berada di pot empat.

Pot empat juga akan diisi oleh negara yang berasal dari kualifikasi antar benua dan play-off zona Eropa. Tim Unggulan seperti Italia atau Portugal akan mengisi pot ini.

Namun, negara yang berasal dari konfederasi yang sama akan dipisah jika berada di satu grup nantinya, kecuali dari zona Eropa yang memiliki wakil terbanyak yaitu 13 negara.

Play-off zona Eropa akan berlangsung pada 25 Maret dan 30 Maret 2022. Sedangkan kualifikasi antar benua akan dimainkan pada 13-14 Juni 2022 mendatang.

Kualifikasi antar benua akan mengumpulkan Perwakilan dari AFC, CONNEBOL, CONCACAF, dan OFC untuk merebutkan dua tiket terakhir ke Qatar.

Disisi lain, Piala Dunia 2022 akan berlangsung tanpa kehadiran Italia atau Portugal, karena kedua negara akan “saling bunuh” pada babak play-off zona Eropa.