Liga Indonesia

Dijuluki The Next Bambang Pamungkas, Begini Kisah Taufik Hidayat Persija

Kamis, 24 Maret 2022 12:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persija
Taufik Hidayat merupakan salah satu dari tujuh pemain muda yang masuk ke skuat Persija Jakarta untuk menjalani Liga 1 2019. Foto: Media Persija Copyright: © Media Persija
Taufik Hidayat merupakan salah satu dari tujuh pemain muda yang masuk ke skuat Persija Jakarta untuk menjalani Liga 1 2019. Foto: Media Persija

INDOSPORT.COM - Dijuluki sebagai the next Bambang Pamungkas, begini kisah panjang perjalanan karier Taufik Hidayat, striker muda Persija Jakarta di kancah Liga 1.

Sebagaimana diketahui, Persija Jakarta kini tidak lagi bertumpu pada satu sosok Marko Simic. Ada opsi lainnya di lini depan, salah satunya adalah wonderkid Taufik Hidayat.

Ada perjalanan panjang dari Taufik Hidayat, hingga akhirnya bisa bekerja sama dengan Bambang Pamungkas di Persija Jakarta.

"Kelas 4 SD, saya masuk SSB Rick's Sayati, sampai usia 15 tahun, lalu saya masuk tim Persikab Bandung U-15, terus ke Persikab U-17," ungkap Taufik di Youtube Tiento.

Saat memperkuat Persikab Bandung, Taufik Hidayat baru pernah menjajal posisi striker. Beruntung, permainannya sesuai harapan.

"Sebelum jadi striker, saya sempat bermain sebagai gelandang. Tapi di Persikab tidak ada striker, dan pelatih melihat saya punya postur yang bagus, saya pun jadi striker," cetusnya.

Selanjutnya, Taufik Hidayat bermain untuk tim kelompok umur Liga 1, Semen Padang hingga Sriwijaya FC. Kualitasnya sangat menonjol, sehingga ia diboyong ke Persija.

"Mungkin pelatih Persija Jakarta melihat saya, saya masuk Persija U-20, di sana saya banyak kesempatan bermain, alhamdulillah jadi top skor tim (13 gol)," ungkap Taufik.

Catatan itu cukup untuk membawa Taufik Hidayat promosi ke tim senior Persija yang bermain di Liga 1 2021-2022, bahkan berduet dengan pemain asing kaliber Marko Simic.

"Wakti itu tim pelatih Persija senior yang menyuruh saya ikut bergabung di latihan bersama tim senior," kenang Taufik lagi.