Liga Indonesia

Flashback Firman Utina: Peran Persita dan Sakitnya jadi 'Anak Tiri' Persija

Kamis, 24 Maret 2022 10:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© goal.com
Eks gelandang Timnas Indonesia, Firman Utina Copyright: © goal.com
Eks gelandang Timnas Indonesia, Firman Utina

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola Indonesia, Firman Utina, seolah flashback dengan perjalanan karirnya, dan menyoroti Persita Tangerang hingga Persija Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Firman Utina ialah pesepak bola asal Manado. Jalan karirnya berawal dari klub lokal, Persma Manado.

Tahun 2000, legenda hidup Persma Manado, Francis Wewengkang hengkang dari klub, sehingga menjadi jalan bagi sang Firman Utina untuk menjadi pemain inti klub.

"Saya berterima kasih kepada Francis Wewengkang yang keluar dari Manado, akhirnya saya mendapatkan tempat di skuat Persma Manado," ungkap Firman Utina.

"Akhirnya klub-klub juga tahu bahwa ada pesepakbola dari Timur, dan saya diundang ikut seleksi di Persita, saya empat tahun di Persita," jelasnya di Youtube Capt Hamka.

Persita Tangerang memiliki makna yang sangat mendalam bagi Firman Utina. Ia belajar banyak hal di tim, termasuk juga mendapat pasangan hidup di Tangerang.

"Persita mengajarkan betapa pentingnya sepak bola, betapa penting keluarga, dan betapa pentingnya menabung, karena kan sepak bola itu hidupnya sempit," kisahnya.

Sampai di satu titik, Firman Utina merasa sudah mantap, lalu ia hijrah ke berbagai klub besar di Indonesia, dan menjadi salah satu pemain dengan koleksi trofi terbanyak.

"Saya ingin menguji mentalitas saya dan pindah ke Arema, waktu itu dapat trofi Copa dua tahun berturut-turut, dan jadi pemain terbaik, dapat mobil," kenang Firman lagi.

Setelah itu, Firman Utina kembali ke 'rumah' yaitu Persita Tangerang, kemudian pindah ke Pelita Jaya sampai tahun 2010 silam, sebelum menginjak tim Persija Jakarta.