Bola Internasional

Hadiah Spesial Shin Tae-yong untuk Staf dan Pemain Timnas U-19, Tusuk Jarum

Jumat, 25 Maret 2022 10:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, baru saja memberikan hadiah spesial untuk para staf dan pemain. Dia mendatangkan ahli akupuntur, Rabu (24/3/22).

Dari keterangan salah satu staf timnas U-19 kepada INDOSPORT, ahli akupuntur itu adalah teman Shin Tae-yong. Beberapa ofisial, pelatih, dan pemain lantas mencoba pengobatan tradisional tersebut usai latihan.

"Akupuntur itu (pengobatan) tradisional di Korea Selatan. Pemain di sini juga sering, jadi mungkin ada yang bisa diterapi. Beliau datang untuk kalian," kata Shin Tae-yong dalam video yang diunggah PSSI.

"Iya itu temannya coach Shin. Dia bantu untuk akupuntur, kebetulan lagi berkunjung di hotel tim kemarin dan beberapa pelatih, staf sama pemain mencoba (akupuntur)," ungkap fisioterapis timnas Indonesia U-19, Asep Aziz, via pesan singkat.

Akupunktur dikenal sebagai salah satu metode pengobatan tertua yang berasal dari Tiongkok dan telah dipraktikkan sejak ribuan tahun lalu. 

Teknik pengobatan ini dilakukan dengan cara menusukkan jarum khusus yang berukuran kecil dan tipis pada titik-titik tertentu di tubuh.

Seiring waktu, teknik akupunktur telah beradaptasi menjadi salah satu cabang ilmu kedokteran modern yang biasa disebut akupunktur medis. 

Akupunktur medis dilakukan oleh dokter spesialis akupunktur medik (SpAk) dan dokter umum yang mengantongi sertifikasi dalam bidang akupunktur.

Berbeda dengan akupunktur tradisional, akupunktur medis menggunakan ilmu anatomi dan fisiologi tubuh untuk merangsang fungsi sel serta sistem organ tertentu, seperti sistem saraf dan otot.

Teknik akupunktur medis juga dilakukan untuk merangsang pelepasan zat tertentu dalam tubuh seperti serotonin dan endorfin, untuk mengurangi rasa sakit.

Jika melihat manfaat akupuntur medik, maka bisa diterapkan ke pemain timnas Indonesia U-19 lantaran mereka butuh relaksasi selepas latihan dengan intensitas tinggi.