Liga Indonesia

Hasil Liga 1 PSM Makassar vs Persiraja Banda Aceh: Gol Cantik Ferdinand Sinaga Bawa Juku Eja Menang

Jumat, 25 Maret 2022 20:37 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil Liga 1 PSM Makassar vs Persiraja Banda Aceh: Gol Cantik Ferdinand Sinaga Bawa Juku Eja Menang. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil Liga 1 PSM Makassar vs Persiraja Banda Aceh: Gol Cantik Ferdinand Sinaga Bawa Juku Eja Menang.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2021-2022 antara PSM Makassar vs Persiraja Banda Aceh yang digelar pada Jumat (25/03/22) malam WIB.

Pertandingan Lliga 1 yang berlangsung Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali ini adalah pertaruhan hidup mati bagi PSM Makassar. Pasalnya, kekalahan dari Persiraja Banda Aceh akan membuat peluang degradasi ke Liga 2 terbuka lebar.

Di lain sisi, meski sudah dipastikan turun kasta ke Liga 2, Persiraja tetap berambisi tampil serius. Pelatih Persiraja Sergio Alexandre sebelumnya mengatakan bahwa ia berharap anak asuhnya menunjukkan permainan terbaik mereka dan merebut kemenangan.

PSM Makassar yang bertindak sebagai tuan rumah mencoba untuk tampil dominan sejak wasit meniupkan peluit kick-off di babak pertama.

Akan tetapi, di menit keenam tuan rumah malah dikejutkan dengan tendangan spekulasi yang dilepaskan, Akhirul Wadhan dari luar kotak penalti. Beruntung bagi PSM, sepakan keras dari Akhirul masih berada tipis di atas mistar gawang PSM yang dijaga Syaiful.

Pada menit kesembilan giliran Juku Eja yang mendapatkan peluang emas melalui tendangan akrobatik Rasyid bakri. Sayang, arah sepakannya masih melebar dari gawang Persiraja.

Memasuki pertengahan babak pertama, PSM Makassar terus menggempur di sisi sebelah kiri pertahanan Persiraja. Rasyid bakri yang bermain sedikit melebar rajin menebar ancaman bagi lini belakang Laskar Rencong berkat aksi individunya.

Hasilnya, pada menit 19 ia berhasil mengirimkan umpan matang ke jantung pertahanan Persiraja, tapi Yakob Sayuri yang menerima umpan tersebut tak mampu mengkonversinya menjadi sebuah gol.

Pada menit 22 Willem Pluijm dijatuhkan di kotak penalti oleh bek kiri Persiraja, Rendy Saputra, akan tetapi wasit menganggap bahwa hal tersebut bukan sebuah pelanggaran.

Lima menit berselang, PSM kembali mendapatkan peluang matang. Clearence yang tidak sempurna dari Chairul Rifan coba dimanfaatkan Yakob Sayuri, tapi tendangan pemain berdarah Papua itu masih dapat digagalkan dengan baik oleh Aji Bayu Putra.

Persiraja sempat membuat kejutan di menit 41 melalui gol hasil sundulan Muhammad Rifaldi. Namun kemudian, gol tersebut dianulir wasit karena Rifaldi dianggap telah bediri dalam posisi off-side.

Tak sampai semenit berselang, Ferdinand Sinaga tampil memecah kebuntuan untuk PSM Makassar. Tanpa pengawalan, Ferdinand menchip bola dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang Persiraja.

Aji Bayu Putra yang mati langkah tak dapat menggapai bola yang meluncur deras masuk ke dalam gawangnya. Skor keunggulan 1-0 untuk PSM Makassar bertahan hingga turun minum.