In-depth

Makedonia Utara, Tim Penuh Kejutan yang Baru Saja Singkirkan Italia ke Piala Dunia

Jumat, 25 Maret 2022 09:42 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Alessandro Florenzi terpukul usai Italia dikalahkan Makedonia Utara di Playoff Kualifikasi Piala Dunia (REUTERS/Guglielmo Mangiapane) Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Alessandro Florenzi terpukul usai Italia dikalahkan Makedonia Utara di Playoff Kualifikasi Piala Dunia (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

INDOSPORT.COM - Berikut profil singkat tentang timnas Makedonia Utara, yang baru saja menyingkirkan Italia untuk menuju Piala Dunia 2022.

Duel seru tersaji di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 babak play-off zona Eropa, antara timnas Italia vs timnas Makedonia Utara di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Italia, Jumat (25/03/22) dinihari WIB.

Italia kalah 0-1 lewat gol Aleksandar Trajkovski 90+2. Padahal mereka tampil sangat dominan dalam melakukan serangan sejak menit pertama.

Jarang sekali para pemain Makedonia Utara mengusai bola lama-lama, apalagi untuk mendekati garis pertahanan Italia.

Namun hal tersebut tampaknya tidak menjadi masalah bagi Makedonia Utara, karena memang mereka datang ke Palermo untuk mengusung permainan bertahan. 

Hal tersebut karena mereka ingin meraih hasil maksimal demi bisa menjaga asa lolos ke Piala Dunia.

Oleh karena itu, Gli Azzuri jadi kesulitan untuk menembus pertahanan Makedonia Utara meski mereka tampil dominan. Beberapa kali tembakan Italia mampu dihalau oleh pemain belakang lawan.

Italia tak kehilangan akal. Pelatih Roberto Mancini coba mengubah strategi permainan dengan lebih mengandalkan bola-bola jarak jauh, untuk membongkar pertahanan Makedonia Utara.

Hanya ada beberapa peluang yang membuat kiper Makedonia Utara, Stole Dimitrievski, bekerja keras. Salah satunya datang dari Marco Verratti di menit ke-31. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan tak mengalami perubahan. Makedonia Utara masih menerapkan permainan bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Sementara Italia mulai sedikit frustasi tak bisa menjebol gawang Makedonia Utara, dnegan sejumlah peluang yang mereka ciptakan.

Seperti di menit ke-53. Domenico Berardi dan Verratti saling membantu satu sama lain untuk menerobos pertahanan lawan. Berardi terutama, yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti sebanyak dua kali tapi tak menemui sasaran.

Pada menit ke-63, Italia kembali mendapat peluang. Berardi menerima umpan Verratti dan langsung melepaskan tembakan, kali ini dari jarak dekat.

Bola meluncur ke gawang namun gagal melewati garis karena disapu keluar oleh Visar Musliu. Skor masih 0-0. 

Memasuki menit-menit akhir, Italia kembali mendapat peluang emas. Emerson mengirim bola ke Lorenzo Pellegrini yang melakukan penetrasi di sisi kiri kotak penalti Makedonia Utara. 

Pellegrini yang tidak terkawal mengirim bola ke tengah, sayang umpannya tidak disambut rekan setimnya.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-90+2. Makedonia Utara mencetak gol lewat aksi Aleksandar Trajkovski. 

Tembakan dilepas dari luar kotak penalti dan Donnarumma gagal menjangkau bola. Italia semakin panik, karena mereka berusaha mengejar ketertinggalan di waktu yang sangat mepet.

Benar saja, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 0-1 untuk kemenangan Makedonia Utara tak berubah. Lantas seperti apa profil Makedonia Utara?