Liga Indonesia

Timnas Indonesia U-19 Dibantai 7-0 oleh Korsel U-19, PSSI Tetap Bersyukur

Jumat, 25 Maret 2022 18:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@PSSI
Perjuangan Garuda Nusantara dalam laga uji coba kontra Korea Selatan U-20 di Daegu Auxiliary Stadium, Daegu, Korea Selatan. Foto: Instagram@PSSI Copyright: © Instagram@PSSI
Perjuangan Garuda Nusantara dalam laga uji coba kontra Korea Selatan U-20 di Daegu Auxiliary Stadium, Daegu, Korea Selatan. Foto: Instagram@PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan telak 0-7 dari Timnas Korea Selatan U-19 dalam laga uji coba di Daegu Auxiliary Stadium, Daegu, Jumat (25/03/22). Meski kalah, hasil itu justru ditanggapi postitif PSSI. 

Dalam laga sore tadi waktu Korea Selatan, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong menginstruksikan pemain untuk inisiatif memainkan penguasaan bola. Sayang, skuat Garuda Nusantara  harus tertinggal 0-1 lewat aksi Eum Seung-min (20').

Tertinggal satu gol, Timnas U-19 mencoba keluar menyerang. Namun lagi-lagi Indonesia kembali kebobolan tiga gol dalam jangka waktu tiga menit lewat kreasi Lee Seung-won (42') dan Kang Min-jae (43' dan 45').

Pada babak kedua, gawang tim Merah Putih  kembali dibombardir lewat tambahan tiga gol dari Yu Seung-hyeon (50'), Seo Jae-won (77') dan Cho Dong-jae (82'). 

Meski Timnas U-19 kalah telak, ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. menanggapi dengan santai. Dia bersyukur karena ini menjadi peluang bagus bagi tim pelatih untuk menganalisis kekurangan tim. 

Ia juga berharap pemain juga lebih kerja keras, apalagi mereka akan tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan sebagai tuan rumah. 

"Timnas U-19 mendapat pelajaran berharga melawan Korea Selatan yang notabene kemampuan mereka di atas kita. Pemain harus lebih kerja keras, disiplin dan meningkatkan kemampuan selama pemusatan latihan di Korea Selatan," kata Iriawan.

"Dengan hasil ini, pelatih Shin Tae-yong juga mendapatkan gambaran bahwa tim U-19 harus ditingkatkan lagi kemampuannya," imbuhnya. 

Iwan Bule, sapaan Iriawan, optimistis Timnas U-19 bisa berkembang lebih baik. Masih ada waktu yang cukup untuk mematangkan persiapan sebelum Piala Dunia U-20 2023. 

"Memang butuh waktu dan tim ini masih terus berproses," tandas Iwan Bule.

Ini merupakan kekalahan kedua bagi Timnas U-19 dalam rangkaian uji coba dan pemusatan latihan di Korea Selatan. Sebelumnya, Ronaldo Kwateh dkk. kalah 1-5 dari Yeungnam University, Senin (22/03/22). Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Universitas Daegu, 27 Maret 2022.