Liga Indonesia

Hitung-hitungan Peluang Lolos Degradasi 3 Tim Liga 1: PSS Sleman, Barito Putera atau Persipura?

Minggu, 27 Maret 2022 15:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut hitung-hitungan potensi PSS Sleman, Barito Putera dan Persipura Jayapura keluar dari jeratan degradasi BRI Liga 1 2021-2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut hitung-hitungan potensi PSS Sleman, Barito Putera dan Persipura Jayapura keluar dari jeratan degradasi BRI Liga 1 2021-2022.

INDOSPORT.COM – Berikut hitung-hitungan potensi PSS Sleman, Barito Putera dan Persipura Jayapura keluar dari jeratan degradasi BRI Liga 1 2021-2022.

Kasta tertinggi sepak bola Indonesia, BRI Liga 1 2021-2022, tinggal menyisakan satu laga terakhir pada pekan ke-34 yang akan berlangsung tengah pekan depan.

Untuk kategori juara, Bali United berhasil menjadi yang terbaik dan keluar sebagai kampiun Liga 1 musim ini usai posisinya tak dapat lagi dikejar Persib Bandung.

Kepastian Bali United keluar sebagai juara tak lepas dari hasil imbang yang didapat Persib pada pekan ke-33 kala melawan Persik Kediri.

Hasil imbang itu membuat perbedaan poin antara Persib dan Bali United menjadi empat poin. Dengan hanya satu laga tersisa, posisi Serdadu Tridatu di puncak tak akan tergeser.

Munculnya Bali United sebagai juara tak serta merta membuat persaingan di Liga 1 yang hanya menyisakan satu pertandingan, berakhir begitu saja.

Pasalnya, di papan bawah terdapat tiga tim yang tengah berebut tiket bertahan di Liga 1 dan tak turun kasta ke Liga 2 musim depan.

Ketiga tim itu adalah PSS Sleman (peringkat 14 dengan 36 poin), Barito Putera (peringkat 15 dengan 35 poin), dan Persipura Jayapura (peringkat 16 dengan 33 poin). Di satu pertandingan tersisa, posisi ketiganya belumlah aman dan masih rawan terdegradasi.

Di atas kertas, PSS Sleman dan Barito Putera seharusnya masih lebih aman mengingat posisinya di atas Persipura Jayapura secara poin.

Namun, keunggulan ini tak menjamin bahwa PSS Sleman dan Barito Putera tak terhindar dari degradasi ketimbang Persipura. Terlebih jika menggunakan perhitungan yang akan diulas di slide kedua artikel ini.