In-depth

4 'Dosa' Oknum Suporter di Laga Senegal vs Mesir, Mohamed Salah Korban Utama

Rabu, 30 Maret 2022 12:00 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
Mohamed Salah jadi korban utama aksi tidak terpuji suporter di laga Senegal vs Mesir. Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh. Copyright: © REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
Mohamed Salah jadi korban utama aksi tidak terpuji suporter di laga Senegal vs Mesir. Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh.

INDOSPORT.COM - Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika antara Senegal vs Mesir, Rabu (30/03/22) ternoda dengan aksi tidak terpuji oknum suporter.

Meski tidak sampai berujung tragedi, sederet insiden tidak mengenakkan memang sempat mewarnai duel dua mantan finalis Piala Afrika tersebut.

Ini adalah pertemuan kedua Senegal dan Mesir bulan ini di kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Mohamed Salah dkk hanya menang tipis 1-0 di laga 26 Maret lalu, itupun lewat gol bunuh diri pemain lawan.

Kini berjumpa lagi untuk leg kedua, pertandingan berakhir 1-0 untuk Senegal, sehingga membuat kedudukan imbang 1-1.

Alhasil, duel dua raksasa sepak bola Afrika ini harus lanjut ke babak perpanjangan waktu, bahkan hingga adu penalti.

Namun ternyata, sebanyak tiga pemain Timnas Mesir gagal menjalankan tugas dengan baik, dimulai dari Mohamed Salah kemudian dilanjut oleh sang penendang kedua, Ahmad Sayed.

Penendang ketiga yakni Amr El Solia berhasil menyarangkan bola ke gawang Senegal, namun Mesir harus tertunduk lesu usai Mostafa Mohamed gagal sebagai eksekutor keempat.

Petaka pun terjadi ketika Sadio Mane tampil sebagai kartu as Senegal. Bintang Liverpool tersebut pun menjadi pahlawan timnya setelah memenangkan kedudukan adu penalti 3-1 atas Mesir.

Dengan hasil ini, Senegal pun lolos ke Piala Dunia 2022, menyabet satu dari lima tiket yang disediakan untuk wakil Afrika.

Selain Senegal, negara Afrika lainnya yang berhasil lolos ke Qatar adalah Kamerun, Ghana, Maroko, dan Tunisia.