Bola Internasional

Exco PSSI Jelaskan Situasi Terakhir Proses Naturalisasi 3 Pemain Eropa

Rabu, 30 Maret 2022 21:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Da'Yerimon/Indosport.com
Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com Copyright: © Da'Yerimon/Indosport.com
Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Exco PSSI, Hasani Abdulgani membenarkan jika proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shyne Pattynama masih tertahan di Kemenhumkam. Ada satu dokumen yang harus dilengkapi terlebih dahulu.

Kekurangan dokumen ini diketahui usai PSSI melakukan rapat bersama Kemenkumham, Sekertaris Negara, Imigrasi, Kemenpora hingga Badan Intelijen Negara (BIN) pada pekan lalu. Dokumen yang dibutuhkan adalah legalisasi dari tiga pemain keturunan Eropa itu.

Pihak pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun sudah turun tangan. Menpora telah berkirim surat ke kedutaan besar Belanda dan Spanyol, supaya proses administrasi dipercepat.

"Sekarang mandek di Kemenhumkam. Ini sepertinya aturan baru jadi butuh dokumen baru dan kami minta Menpora menyurati duta besar dari negara pemain tersebut untuk menyatakan tiga pemain ini siap jadi warga negara Indonesia," kata Hasani Abdulgani.

Hasani berharap surat pernyataan tersebut kalau bisa disertakan belakangan. Karenanya dia meminta Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan 'garansi' khusus.

Pasalnya, tiga pemain tersebut dibutuhkan tenaganya saat Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022.

"Saya harapkan kalau bisa paralel supaya tidak tunggu lama. Karena urusannya masih harus ke presiden, DPR, itu kan butuh waktu jadi jangan ditahan dulu," harap Hasani Abdulgani ketika berbincang dengan INDOSPORT