Bola Internasional

Jadwal dan Link Live Streaming Drawing Piala Dunia Qatar 2022 di Vidio

Jumat, 1 April 2022 17:00 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar. Copyright: © FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar.

INDOSPORT.COM - FIFA akan menggelar drawing kompetisi sepak bola Piala Dunia Qatar 2022, Jumat (01/04/22) malam.

Memiliki kuota 32 negara, sampai saat ini baru tercatat 29 negara yang sudah memastikan diri akan tampil pada November-Desember 2022 mendatang.

Tiga tempat tersisa adalah satu tiket yang diperebutkan dari play-off zona Eropa dan dua sisanya berasal dari tiket play-off interkontinental. 

Dari zona Eropa, Ukraina masih tidak bisa memainkan laga kontra Skotlandia. Bila sudah bisa, pemenang laga nantinya akan berhadapan dengan Wales.

Di sisi lain, play-off interkontinental akan mempertemukan Selandia Baru (wakil Oseania) dan Kosta Rika (wakil CONCACAF). 

Sedangkan dari Asia sendiri, Peru (sebagai wakil CONMEBOL) akan menghadapi pemenang dari pertandingan antara Australia dan Uni Emirat Arab.

FIFA sendiri kini telah menentukan Pot 1 hingga Pot 4 untuk drawing nanti. Pot 1 sendiri berisi Qatar sebagai tuan rumah bersama tujuh negara unggulan. 

Sehingga Pot 2 hingga Pot 4 diisi oleh negara sesuai dengan ranking FIFA. Nantinya, 3 tiket terakhir yang tersisa akan menempati Pot 4 beserta lima negara lainnya yang berperingkat rendah.

Dalam drawing nanti, 32 negara dibagi ke dalam delapan grup, dari Grup A hingga Grup H yang masing-masing terdiri dari empat negara.

Drawing pertama kali akan diawali Pot 1, kemudian berurutan hingga Pot 4. Selain itu, negara yang berasal dari konfederasi yang sama tidak akan mendapatkan undian ke grup yang sama. 

Aturan ini dikecualikan untuk wakil UEFA. Meskipun begitu, setiap grup maksimal hanya boleh dihuni maksimal dua wakil UEFA.