Bola Internasional

FIFA Rilis Bola Resmi Piala Dunia 2022, Punya Teknologi Dewa Tapi Tak Luput dari Kritikan

Kamis, 31 Maret 2022 01:10 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bola Resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla Punya Teknologi Dewa, Namun Tak Luput Dari Kritikan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bola Resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla Punya Teknologi Dewa, Namun Tak Luput Dari Kritikan.

INDOSPORT.COM - FIFA akhirnya merilis bola resmi yang akan digunakan dalam perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar bernama Al Rihla. Apa saja teknologi di dalamnya?

Seperti diketahui, aparel asal Jerman yakni Adidas yang ditunjuk oleh FIFA untuk mengakomodir utiliti dalam Piala Dunia 2022 telah mengeluarkan bola resmi bernama Al Rihla.

Al Rihla adalah bola ke-14 berturut-turut yang dibuat Adidas untuk Piala Dunia FIFA dan dirancang demi mendukung kecepatan dalam permainan tingkat tinggi.

Dilansir dari laman resmi FIFA, dalam Bahasa Arab, Al Rihla diterjemahkan sebagai perjalanan, dengan desainnya terinspirasi oleh arsitektur, perahu ikonik Qatar, dan bendera negara tersebut.

Bola ini diklaim sebagai salah satu bola terbaik yang pernah ada dalam gelaran kompetisi sepak bola paling akbar di dunia tersebut.

"Al Rihla adalah bola pertandingan resmi yang menakjubkan, berkelanjutan, dan berkualitas tinggi dari adidas," kata Direktur Pemasaran FIFA, Jean-Francois Pathy.

"Bola terbaik ini akan dinikmati oleh para bintang yang tampil di puncak permainan mereka di panggung terbesar dunia di Qatar Desember 2022 nanti," Pungkas Jean-Francois Pathy.

Bola ini telah dirancang dari dalam ke luar menggunakan data dan diuji dengan ketat di lab Adidas, di terowongan angin, dan di lapangan oleh para pemain sepak bola itu sendiri.

Al Rihla diharapkan bisa memberikan tingkat akurasi dan keandalan tertinggi di bidang permainan, sebagian karena bentuk panel dan tekstur permukaannya yang baru.

Dari segi fitur, Al-Rihla juga diklaim sebagai bola tercepat yang pernah ditampilkan dalam kompetisi Piala Dunia. Bola ini diatur untuk bergerak lebih cepat dalam udara daripada bola Piala Dunia lainnya yang pernah digunakan sebelumnya.