Bola Internasional

Pengaruh J-League Buat Jepang Lolos ke Piala Dunia 2022

Jumat, 1 April 2022 19:41 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Pengaruh J.League sangat terasa dalam aroma timnas Jepang yang berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. Copyright: © Dok. J-League
Pengaruh J.League sangat terasa dalam aroma timnas Jepang yang berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Pengaruh J.League sangat terasa dalam aroma timnas Jepang yang berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022.

Timnas Jepang berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Australia 2-0, Kamis (24/03/2022).

Kemenangan ini memastikan skuad Samurai Biru menempati posisi dua teratas grup B ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, membuat mereka merebut satu tiket ke Qatar.

Bagi Negara Matahari Terbit, ini merupakan Piala Dunia ketujuh bagi mereka setelah kali pertama lolos pada edisi 1998 dan tak pernah absen sejak saat itu.

Kecemerlangan Jepang masuk Piala Dunia ini juga sejalan dengan muncul dan berkembangnya J.League di negeri mereka yang kali pertama digelar pada 1993.

Aroma J.League juga masih sangat terasa di tim yang menembus Qatar saat ini.

Dari semua pemain yang dibawa pelatih Hajime Moriyasu, mereka pernah atau kini sedang berlaga di tim-tim J.League.

Kaoru Mitoma adalah pahlawan Jepang saat lawan Australia dengan mencetak dua gol kemenangan. 

Ia merupakan produk asli Kawasaki Frontale yang kini dimiliki tim Liga Inggris, Brighton and Hove Albion, dan sedang dipinjamkan ke tim Belgia, Royale Union SG.

Pemain sayap berusia 24 tahun itu mengawali karier di Kawasaki Frontale pada 2018 lalu, sebelum hijrah ke Inggris pada musim panas 2021, setelah membawa Kawasaki Frontale juara Meiji Yasuda J1 League 2020 dan masuk dalam tim terbaik Liga Jepang musim itu.