Liga Indonesia

Bawa RANS Promosi dan Selamatkan Barito, Kemana Lagi Rahmad Darmawan Berlabuh?

Sabtu, 2 April 2022 14:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sukses membawa RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1, kemudian juga menyelamatkan klub Barito Putera dari jerat degradasi, kemana lagi Rahmad Darmawan? Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sukses membawa RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1, kemudian juga menyelamatkan klub Barito Putera dari jerat degradasi, kemana lagi Rahmad Darmawan?

INDOSPORT.COM - Sukses membawa RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1, kemudian juga menyelamatkan klub Barito Putera dari jerat degradasi, kemana lagi Rahmad Darmawan berlabuh?

Sebagaimana diketahui, Rahmad Darmawan merupakan pelatih lokal berlisensi AFC Pro, yang memiliki pengalaman cukup banyak dalam menangani klub di Liga Indonesia.

Sepanjang tahun 2021 saja, Rahmad Darmawan tak pernah menganggur. Pada awal musim, ia membesut Madura United.

Namun, perjalanannya tidak sampai tuntas. Pelatih yang akrab disapa Coach RD itu pun merapat ke RANS Cilegon FC yang berjuang di kompetisi kasta kedua, yakni Liga 2 2021.

Hasilnya, Rahmad Darmawan menjawab tantangan itu dengan membawa tim RANS Cilegon FC ke final Liga 2, hingga dipastikan promosi ke Liga 1 pada Desember 2021 lalu.

Awal tahun 2022, Rahmad Darmawan lagi-lagi dipercaya untuk membesut tim, kali ini Barito Putera yang menjadi pelabuhannya.

Kala itu, Barito Putera terbenam di zona merah klasemen sementara BRI Liga 1 2021. Rahmad Darmawan diberi tantangan besar untuk menyelamatkan tim dari degradasi.

Di awal kedatangannya, Rahmad justru mendapat tekanan bertubi-tubi dari pihak suporter, lantaran Barito Putera tak pernah menang dalam enam pertandingan Liga 1.

Namun perlahan-lahan Rahmad mampu membuktikan jika timnya bisa bangkit dari zona merah. Terbukti di lima laga terakhir, Laskar Antasari justru tak terkalahkan.

Termasuk dalam laga pamungkas kontra Persib Bandung, Barito berhasil menahan imbang tim dan meraih satu poin, hingga akhirnya Barito selamat dari degradasi.