Bola Internasional

Pro Kontra Maskot Piala Dunia Qatar, Menyimpan Kisah Tragis Pekerja Imigran

Sabtu, 2 April 2022 12:45 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Menyambut Piala Dunia 2022 yang sudah di depan mata, serangkaian acara telah dilakukan pihak tuan rumah bersama FIFA selaku induk organisasi sepak bola Dunia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Menyambut Piala Dunia 2022 yang sudah di depan mata, serangkaian acara telah dilakukan pihak tuan rumah bersama FIFA selaku induk organisasi sepak bola Dunia.

INDOSPORT.COM – Menyambut Piala Dunia 2022 yang sudah di depan mata, serangkaian acara telah dilakukan pihak tuan rumah bersama FIFA selaku induk organisasi sepak bola Dunia.

FIFA baru saja menyelesaikan rangkaian drawing fase grup putaran final Piala Dunia di Qatar, Jumat (01/04/22). Setidaknya terdapat 29 negara yang sudah memastikan langkah mereka.

Agenda ini berlangsung di Doha Exhibition and Conference Center, Qatar. Dalam acara tersebut dilakukan pengundian sekaligus peluncuran maskot Piala Dunia 2022 Qatar mendatang.

Drawing fase grup kali ini sedikit berbeda dari biasanya, pasalnya hanya 29 negara dari total 32 negara kontestan Piala Dunia yang ikut hadir dalam agenda resmi FIFA itu.

Pasalnya tiga tempat tersisa belum menemukan negara pemenangnya, satu tempat akan berisi wakil Eropa yang memperebutkan tiket dari babak play-off zona Eropa.

Kemudian sisa dua tiket lainnya akan diperebutkan empat negara yang berasal dari zona play-off interkontinental. Saat acara pembagian grup kemarin, terdapat dua hal yang menarik di Doha Exhibition saat itu.

Pertama, tentu menyoroti hasil drawing fase grup yang melahirkan beberapa grup neraka, sebut saja Spanyol dan Jerman yang akan bentrok mulai fase grup, keduanya berada di Grup E.

Kemudian beralih ke Grup B yang dianggap sebagai grup ‘Perang Dunia’ lantaran berisikan Amerika Serikat, Iran, Inggris. Selama ini hubungan ketiga negara dikenal tidak harmonis.

Puzzle di Grup B akan semakin ‘panas’ andai Ukraina berhasil berhasil keluar sebagai juara di babak play-off zona Eropa yang masih berlangsung hingga saat ini.

Kemudian, dalam kesempatan tersebut FIFA sekaligus mengenalkan maskot resmi Piala Dunia tahun ini. Maskot itu bernama La’eeb. Kemunculanya menimbulkan pro kontra di kalangan fans.