Bola Internasional

Materi Dasar Masih Kurang, Shin Tae-yong Ajari Timnas U-19 Operan dan Sundulan

Minggu, 3 April 2022 13:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, masih membenahi kekurangan dari para pemain. Bahkan, juru taktik berusia 51 tahun itu turun tangan secara langsung memberikan materi dasar seperti operan dan sundulan.

Dalam sesi latihan yang digelar di Riverside Soccer Field, Daegu, Korea Selatan, Sabtu (2/4/22) Shin Tae-yong terus mengasah dua hal dasar itu karena jadi salah satu kekurangan timnas U-19 dalam empat pertandingan uji coba.

Selain organisasi tim, kemampuan dasar para pemain dinilai masih perlu di asah. Pengambilan keputusan dan kecepatan dalam mengantisipasi bola masih menjadi pekerjaan rumah bagi mereka.

"Materi latihan masih sama dengan kemarin (Jumat). Ada kekurangan dalam pertandingan seperti passing dan heading, jadi hari ini latihan passing dan heading," kata Shin Tae-yong.

Di tengah cuaca dingin Daegu, seluruh pemain diminta menambah porsi latihan secara individu. Hal itu berguna untuk meningkatkan performa, terutama fisik di atas lapangan.

Shin Tae-yong menegaskan, setiap pemain harus tahu kekurangan masing-masing, sehingga akan memudahkan mereka mengeluarkan potensi terbaik.

"Kondisi tim sangat baik, para pemain pun tahu kekurangan sendiri. Jadi, mereka lebih banyak latihan sendiri, sehingga ke depannya akan lebih baik," tutur Shin Tae-yong.

Selama pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan, timnas Indonesia U-19 telah jalani empat laga uji coba. Skuat Garuda Nusantara meraih satu kemenangan dan tiga kekalahan.

Garuda Nusantara kalah dari Universitas Yeungnam (1-5), kalah 0-7 dan 1-5 dari timnas Korsel U-19 dan menang 2-1 atas Universitas Daegu.