Liga Indonesia

Liga 1: Persipura Degradasi, Begini Respons Pemilik Gol Terbaik Piala Asia

Senin, 4 April 2022 14:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Persipura Jayapura terdegradasi dari Liga 1. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Persipura Jayapura terdegradasi dari Liga 1.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura akan bermain di Liga 2 musim depan atau 2022. Tim Mutiara Hitam terdegradasi dari kasta teratas, setelah hanya menduduki urutan ke-16 klasemen akhir Liga 1 2021-2022. 

Persipura kalah head to head dari Barito Putera, meski kedua tim punya poin akhir yang sama, yakni 36 poin dari 34 laga Liga 1 2021-2022. Tim asal Papua dua kali kalah dengan skor 3-0 dan 1-0 dalam dua pertemuan dengan Laskar Antasari musim ini. 

Nasib apes Persipura pun mengundang komentar dari pemilik gol terbaik Piala Asia, Widodo C. Putro. Pelatih yang musim ini menangani Persita Tangerang ini berharap tim Mutiara Hitam bangkit secepatnya. 

Persipura Jayapura adalah tim yang disegani sejak dulu. Mereka juga kerap lahirkan talenta berkualitas, karenanya Widodo mendoakan tim Merah Hitam cepat promosi ke Liga 1. 

"Memang, sejak saya masih jadi pemain hingga pelatih, saya rasakan Persipura ini tim bagus," kata Widodo C. Putro, Selasa (4/4/22). 

"Banyak talenta muda dan banyak yang terlahir dari sana, jadi saya berharap turunnya tidak lama (di Liga 2) dan cepat naik ke Liga 1," cetusnya. 

Penampilan Persipura di Liga 1 2021-2022 memang tidak konsisten dan bisa dikatakan buruk. Contohnya hingga pekan ke-12, tim juara ISC A 2016 itu baru meraup lima poin dan terpuruk di zona merah, tepatnya posisi ke-17.

Pergantian pelatih dari Jacksen F. Tiago ke Angel Alfredo Vera turut berpengaruh. Hal itu membuat Persipura terlambat panas dan tertinggal dari tim pesaing lain di Liga 1 2021-2022.

Hengkangnya sejumlah pemain berpengalaman seperti Boaz Solossa dan Tinus Pae turut berpengaruh. Para pemain muda yang ada di Persipura tidak punya mentor dan tampil tidak konsisten.

"Semangat buat Persipura Jayapura, semoga bisa cepat kembali ke kasta teratas," ungkap bek Persita Tangerang, Obet Choiri, mendoakan.