Bola Internasional

Puasa 14 Jam, Pemain Timnas Indonesia U-19 Tetap Jalani Latihan Normal

Senin, 4 April 2022 16:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pemain timnas Indonesia U-19 dilaporkan tetap menjalani puasa dan latihan secara normal selama pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Hal itu disampaikan oleh asisten pelatih, Nova Arianto.

Meski lama waktu berpuasa di Korea Selatan mencapai 14 jam, hal itu tidak mempengaruhi semangat seluruh pemain. Jadwal latihan dilahap seperti biasa, walau tidak ada pengurangan intensitas.

"Tidak ada pengurangan intensitas latihan, semua berjalan normal dan sesuai dengan program yang sudah direncanakan," jelas Nova Arianto, Senin (4/4/22).

Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, berkoordinasi dengan para pemain guna mencari solusi terbaik antara berpuasa dan penyesuaian saat hari pertandingan atau uji coba. Kolaborasi itu dilakukan supaya pemain tetap tampil maksimal.

"Ibadah puasa itu dijalankan saat istirahat dan tidak dijalankan jika ada pertandingan atau uji coba di sini," kata Shin Tae-yong.

Dalam beberapa hari terakhir, Shin Tae-yong fokus menggenjot fisik pemain. Dia menempa fisik pemain agar lebih tangguh lagi di segala kondisi cuaca. 

Dalam video yang diunggah akun Youtube PSSI, Shin Tae-yong terlihat sedang mengukur kekuatan fisik seluruh pemain lewat beep test. 

Pelatih berpaspor Korea Selatan itu juga meminta Marselino Ferdinan dkk, untuk latihan melompat dan kelincahan (melewati rintangan dengan dan tanpa bola).