Liga Inggris

Sadis! Wayne Rooney Beberkan Borok Manchester United di Era Jose Mourinho

Kamis, 7 April 2022 10:27 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Isman Fadil
© Bradley Collyer/PA Images via Getty Images
Baru-baru ini kepada media, Wayne Rooney membeberkan borok dalam tubuh Manchester United sewaktu masih ditangani oleh pelatih kontroversial, Jose Mourinho. Copyright: © Bradley Collyer/PA Images via Getty Images
Baru-baru ini kepada media, Wayne Rooney membeberkan borok dalam tubuh Manchester United sewaktu masih ditangani oleh pelatih kontroversial, Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini kepada media, Wayne Rooney membeberkan borok dalam tubuh Manchester United sewaktu masih ditangani oleh pelatih kontroversial, Jose Mourinho.

Wayne Rooney mengatakan bahwa ada ketimpangan antara tim utama Manchester United dan akademi yang sangat besar selama periode Jose Mourinho masih menjadi manajer di Old Trafford.

Manajer Derby County itu muncul di acara Monday Night Football Sky Sports baru-baru ini, di mana ia membeberkan alasan perihal mengapa Mourinho dan Louis van Gaal gagal meraih kesuksesan selama mereka melatih di United.

Mantan kapten United tersebut mengatakan bahwa para pemain senior dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan yang berbeda dari kedua manajer, tapi tidak demikian dengan anggota staf dan pemain akademi lainnya.

"Jarak antara akademi dan tim utama dan manajer, terutama di bawah Mourinho, sangat jauh, Hampir seolah-olah mereka tidak ada, jika bisa dibilang begitu,” tutur Rooney.

"Mereka (pemain akademi) memiliki hubungan yang dekat dengan Sir Alex (Ferguson) selama 26 tahun dan kemudian tidak diizinkan mendekati tim utama... Hampir seperti ada perceraian antara tim utama dan akademi," pungkasnya.

Sistem akademi United berkembang pesat di bawah Ferguson, di mana Setan Merah mampu mengorbitkan sejumlah anak muda berbakat selama masa kepemimpinan Fergie di klub - yang paling terkenal adalah Kelas 92.

Van Gaal, yang menggantikan posisi David Moyes setelah sepuluh bulan menjabat sebagai suksesor Sir Alex, memberikan debut kepada 15 pemain muda United selama dua musimnya – termasuk debut untuk Marcus Rashford dan Jesse Lingard.

Sementara Mourinho pelatih Setan Merah setelah Van Gaal, hanya memberikan kesempatan debut kepada enam pemain muda United. Scott McTominay menjadi sosok pemain orbitan yang paling ‘mahsyur’ di bawah besutan The Special One.