Bola Internasional

Mahatma Gandhi Ternyata Fans Berat Klub Liga Inggris, Tim Manakah Itu?

Minggu, 10 April 2022 05:52 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Mahatma Gandhi Ternyata Fans Berat Klub Liga Inggris, Tim Manakah Itu? Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Mahatma Gandhi Ternyata Fans Berat Klub Liga Inggris, Tim Manakah Itu?

INDOSPORT.COM - Ketika menyebut Mahatma Gandhi, pemikiran pertama yang terlintas tentu mengenai sosok yang penuh kasih pembawa perdamaian di Dunia.

Mahatma Gandhi merupakan seorang pemimpin berkarakter asal India yang menjadi teladan bagi banyak orang. Selain itu, dia merupakan pemimpin pergerakan rakyat India, lahir pada  2 oktober 1896, di kota Gujarat.

Aktivis, Politikus dan Tokoh Hukum asal India ini dikenal secara luas ketika berhasil mengelorakan perlawanan kepada kolonialisme yang menjajah bangsa India.

Saat itu, India dalam cengkraman Inggris, berkat kerja kerasnya sebagai pemimpin, Gandhi berhasil membawa persatuan dan kemerdekaan usai berhasil mengusir Inggris dari tanah Barata

Namun, dibalik itu semua, tersirat kisah unik antara Gandhi dan Inggris karena pernah mengenyam pendidikan di University College, London (1888-1891).

Mahatma Gandhi ternyata juga merupakan seorang suporter sepak bola yang menggemari klub Liga Inggris. Mungkin kecintaan Gandhi tumbuh dirinya menempuh pendidikan di Kota London.

Kecintaannya terhadap si kulit bundar bahkan membuatnya terlibat dalam mendirikan tiga tim sepak bola di Afrika Selatan pada kisaran tahun awal 1900-an awal.

Namun kedekatan Gandhi dengan sepak bola tak hanya terjadi saat dia ada di Afrika Selatan. Tinggal di Inggris dalam kurun waktu beberapa tahun telah membuatnya menjadi suporter West Ham United, dia merupakan pendukung fanatik The Hammers.

Dalam buku Benjamin Roberts ‘Bottles-English Football’s Boozy Story,’ mengungkapkan bahwa Gandhi bahkan datang ke pub menjelang pertandingan West Ham.

Melansir dari laman Daily Star, Gandhi juga digambarkan sebagai pribadi yang benar-benar mencintai sepak bola. Selama tinggal di London, dia sering menghabiskan waktu menonton pertandingan West Ham, bahkan dia juga berteman dengan Arnold Hills (pendiri klub).

“Ada laporan yang dapat dipercaya bahwa selama dia tinggal di London, dia kerap menghadiri beberapa pertandingan West Ham United, bahkan Gandhi berbaur dengan fans The Hammers sambil minum soda,” tulis Daily Star.